Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SBP Serahkan 65 Hektare Lahan untuk Permukiman Warga Busung
Oleh : Harjo
Senin | 27-07-2015 | 10:53 WIB
lahan-busung.jpg Honda-Batam
Acara serahterima lahan seluas 65 hektar dari SBP kepada Bupati Bintan untuk warga Busung

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) secara resmi menyerahkan lahan seluas 65 hektare melalui Pemkab Bintan untuk permukiman masyarakat Desa Busung, di Masjid Nurhidayah  Busung, Serikuala Lobam, Bintan, Minggu (26/7/2015).

Penyerahan lahan tersebut dilakukan langsung oleh pimpinan SBP Lobam, Jefri yang disampingi oleh T Sianturi dan diterima langsung oleh Ansar Ahmad selaku Bupati Bintan serta disaksikan langsung oleh Kepada Desa Busung bersama ratusan warganya.

Rusli, Kepala Desa Busung, menyampaikan penyerahan lahan untuk pemukiman bagi warganya tersebut, akan menjadi catatan sejarah bagi warganya karena telah diberikan keistimewaan mengingat lebih dari 20 tahun warga sudah tinggal di desa tersebut pasca ganti rugi tidak memilki lahan untuk permukiman.

"Penyerahan lahan ini, sebuah sejarah karena persolaan yang menjadi pertanyaan selama ini sudah  terjawab. Hal ini juga, menjadikan bagian dari harapan dari masyarakat selama ini. kita sangat bersyukur penyerahan lahan ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan dari Pemkab Bintan  dan pengelola kawasan industri," katanya.

Sementara itu, Ansar pada hari terakhirnya menjabat sebagai Bupati Bintan, menyampaikan setelah lama warga Busung yang menunggu kepastian tentang lahan untuk permukiman akhirnya terjawab setelah pihak SBP menyerahkan lahan seluas 65 hektare untuk 385 kepala keluarga (KK) Desa Busung.

"Hingga hari-hari menjadi pertanyaan dari masyarakat kepada Pemkab Bintan. Sebaliknya perusahaan juga tidak bisa serta merta dan  harus membahasnya dengan seluruh pimpinan, tentunya membutuhkan waktu hingga penyerahan lahan bisa terjadi," imbuhnya.

Ansar yang sekaligus berpamitan karena akan mencalonkan sebagai wakil kepala daerah Kepri, berharap agar lahan yang telah diserahkan oleh SBP, kelak digunakan sebagai tempat bermukim bagi masyarakat dan keturunanannya, bisa benar-benar dikelola dengan sebaik-baiknya.

"Dalam membangun permukiman juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan agar desa ini lebih rapi dan asri serta menarik, mengingat Desa Busung ada di perlintasan barat sehingga akan  menjadi tempat persinggahan," katanya.

Tidak hanya itu, Ansar juga berpesan, apa yang sudah disepakati bersama harus dijalankan sesuai dengan rencana dan peruntukannya, serta tidak justru menjadi bencana. Jangan sampai dengan adanya penyerahan lahan justru menjadi pemicu rusaknya kekeluargaan yang sudah dibangun selama ini. Karena setelah penyerahan sistem penyerahannya kepada warga akan diatur sedemikian rupa, oleh Pemkab Bintan, kecamatan serta pihak desa. 

Editor: Dodo