Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemendikbud Susun Peta Jalan Pendidikan Keluarga
Oleh : Redaksi
Jum'at | 24-07-2015 | 14:11 WIB
ortu_dampingi_anak_belajar.jpg Honda-Batam
Keterlibatan orang tua berperan penting meningkatkan prestasi anak. (Foto: dakwatuna.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun peta jalan (roadmap) pendidikan keluarga yang berisi program pelibatan orang tua dalam membantu pendidikan anak-anak.

"Pada roadmap itu juga tercantum kurikulum pendidikan keluarga dan mekanisme pengembangan kemitraan orang tua dan sekolah," kata Ella Yulaewati, Direktur Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (23/7/2015).

Menurutnya, anak-anak membutuhkan peran aktif orang tua dalam membantu pelajaran di sekolah. "Ini sangat penting untuk meningkatkan kemajuan dan kesuksesan putra-putri kita," ujarnya seperti dilansir dari laman kementerian.

Dia menjelaskan, studi Bank Dunia pada 2013 menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran kunci. Sebab intervensi yang dilakukan terhadap keluarga telah berhasil meningkatkan pencapaian perkembangan peserta didik.

Peta Jalan Pendidikan Keluarga juga menguraikan satuan pendidikan yang akan dirangkul untuk pelaksanaan pendidikan keluarga, antara PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK atau sederajat, serta satuan pendidikan nonformal, yakni lembaga kursus, pusat kegiatan belajar masyarakat, sanggar kegiatan belajar, dan lain-lain.

Dijelaskan, jumlah keluarga Indonesia pada akhir 2013 mencapai 66,16 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 99,46 juta berusia 0-21 tahun yang sangat membutuhkan rangsangan dan program pendidikan.

"Proses pendidikan akan berhasil apabila orang tua, sekolah, masyarakat, dan ekosistem di sekeliling anak-anak didik saling mendukung dan bergerak selaras," ujar Ella. (*)

Editor: Roelan