Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paul McCartney Frustrasi dengan Kematian John Lennon
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-07-2015 | 10:02 WIB
John-Lennon-Paul-McCartney-Hulton-Archive.jpg Honda-Batam
John Lennon dan Paul McCartney. (Foto: Hulton Archive/ultimateclassicrock.com)

BATAMTODAY.COM - Paul McCartney mengaku frustrasi dengan penembakan John Lennon di New York, Amerika Serikat pada Desember 1980 yang kemudian membuat Lennon menjadi seorang martir. Musisi berusia 73 tahun itu menjelaskan bahwa kematiannya membuat The Beatles yang dibentuk pada 1960 semakin terkenal.

Seperti dilansir Esquire, McCartney yang membentuk The Beatles bersama John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr, mengungkapkan, “The Beatles bubar [pada 1970] dan waktu itu kami semua setara. George punya proyek album, John juga punya, saya mengerjakan album saya, dan Ringo mengerjakan album miliknya. Sama seperti masa-masa The Beatles. Semua sama.”

Namun semua itu berubah ketika Lennon tewas ditembak oleh Mark Chapman pada 8 Desember 1980. “Saat John tertembak, meski sangat mengerikan, orang-orang berpikiran, ‘OK, sekarang John adalah seorang martir. Seorang JFK.’ Saya mulai frustrasi karena orang-orang mengatakan, ‘Dia adalah The Beatles.’ Kemudian saya, George, dan Ringo berpikiran, ‘Tunggu dulu. Setahun lalu kami semua sama,’” ungkap McCartney.

Pria yang merilis album solo ke-17 pada 2013 lalu itu menggambarkan The Beatles adalah salah satu hal yang sangat hebat dan merupakan produk yang sangat kaya. Namun, banyak sekali pandangan yang berubah ketika Lennon tewas.

“John merupakan penulis yang jujur,” tutur McCartney. “John menghasilkan banyak karya hebat. Dan pasca-Beatles pun ia membuat karya yang lebih hebat, tapi ia juga punya karya yang tidak hebat. Fakta bahwa ia menjadi martir yang membuat dia sangat hebat.”

The Beatles telah merilis 12 album dalam rentang 1963 sampai 1970 dan telah menjadi band Inggris yang memuncaki tangga lagu terbanyak dibanding band lain. The Beatles juga telah menjadi salah satu anggota Rock and Roll Hall of Fame sejak 1988.

McCartney dan Starr merupakan personel The Beatles yang masih hidup, setelah Harrison meninggal dunia karena kanker pada 2001.

Sumber: Rolling Stone