Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disparbud Kepri Gelar Penyuluhan Pelaku Pariwisata di Lingga
Oleh : Ardi/Widodo
Kamis | 14-07-2011 | 13:08 WIB
guntur_sakti.jpg Honda-Batam

Guntur Sakti, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. (Foto Istimewa)

LINGGA, batamtoday - Dinas Pariwisata dan  Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan kegiatan penyuluhan sadar wisata melalui Sapta Pesona di Lingga. Acara yang digelar pada Rabu, 13 Juli 2011 itu dihadiri enam puluh orang para pelaku wisata, diantaranya pemilik rumah makan, pengelola objek wisata, Dewan Kesenian Lingga serta masyarakat Lingga lainnya.

"Untuk mewujudkan visi Kepulauan Riau sebagai bunda tanah melayu yang sejahtera, berakhlak mulia dan ramah lingkungan diperlukan upaya penyadaran yang berkesinambungan, agar pembangunan pariwisata mempunyai roh dan semangat tentang pemahaman dan pentingnya pariwisata dalam membangun ekonomi dan daerah”, kata Guntur Sakti, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau.

Guntur mengharapkan penyuluhan sadar wisata ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka memberikan masukan, saran dan informasi bagi pelaku pariwisata dan pemerintah daerah umumnya dalam mengimplementasikan Sapta Pesona yang aman, bersih, tertib, sejuk, indah, ramah, serta kenangan.

Sementara itu, Junaidi Adam, Kadis Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Lingga Junaidi Adam menyampaikan bahwa, Sumber Daya Manusia merupakan  faktor dominan dalam menjaga kelestarian kegiatan pariwisata daerah.

"Sejalan dengan hal tersebut  pelaksanaan pariwisata yang berbasis masyarakat agar terkoordinasi dengan baik dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat," ujar Junaidi.

Penyuluhan yang digelar oleh Disbudpar Provinsi Kepri ini mendapat sambutan luar biasa dari para peserta untuk lebih menggali lagi potensi daerah yang belum tersentuh dan perlu perhatian khusus baik dari masyarakat sebagai pelaku pariwisata juga pemerintah daerah sebagai regulator.