Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

40 Mahasiswa UGM Gelar KKN di Anambas
Oleh : Nursali
Sabtu | 04-07-2015 | 08:41 WIB
mubyar.jpg Honda-Batam
Koordinator mahasiswa tingkat unit UGM, Mubyar.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sebanyak 40 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Jemaja Timur dan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas. Masing-masing kecamatan akan di tempati 20 orang mahasiswa dari universitas tersebut.

Koordinator mahasiswa tingkat unit UGM, Mubyar mengatakan KKN yang dilakukan kampus ini memasuki tahun kedua yang menginginkan perguruan tinggu tersebut membumi di seluruh wilayah Indonesia. UGM juga akan menerapkan beberapa program kerja dalam pengabdiannya ke masyarakat.

"Kami akan menerapkan program pendidikan seluruh usia untuk masyarakat, kesehatan masyarakat dan lingkungan, kemandirian energi dan swasembada pangan," kata Mubyar kepada seluruh peserta KKN dan beberapa pejabat setempat pada acara temu ramah dan buka bersama di Rumah Makan Siantan Nur, Tarempa, Jumat (3/7/2015) sore.

Ia juga mengatakan seluruh program tersebut bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia di Kabupaten perbatasan ini dimana dalam program tersebut para mahasiswa ini akan melibatkan seluruh potensi masyarakat lokal dalam meningkatkan skill masyarakat itu sendiri dan turut merangkul dinas terkait dalam pengembangannya nanti.

Di tempat yang sama, Asisten III Sekretariat Daerah Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas, Augus Raja Unggul mengapresiasi niat dan tujuan mahasiswa yang memprioritaskan Anambas menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan program kerja universitas tersebut. 

Dia juga mengakui jika program-program yang dibawa para mahasiswa tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bahkan aparatur pemerintahan setempat. "Kami memang akui SDM kami banyak kekurangan dan kelemahan, jangankan masyarakat aparaturnya juga banyak kekurangan kualitas SDM-nya," kata Augus saat menyambut kedatangan peserta KKN.

Ia juga mengatakan, selama berdirinya Anambas menjadi sebuah kabupaten tak satupun Perguruan Tinggi yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini sudi menggelar KKN di kabupaten ujung utara Nusantara ini.

"Selama Anambas menjadi kabupaten, Universitas yang ada di kepri ini pun belum pernah yang ada KKN di sini. Ini pantas diapresiasi UGM telah maju selangkah melakukan KKN di sini," Katanya

Ia juga mengimbau kepada seluruh mahasiswa yang KKN agar dapat menyesuaikan diri di tengah-tengah masyarakat mengingat kultur antara mahasiswa dan masyarakat tempatan jauh berbeda. Kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama juga diminta agar turut memperhatikan serta mengawasi para mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya.

"Masyarakat Anambas pada dasarnya terbuka bagi para pendatang apalagi yang ingin memberikan kontribusi. Berikanlah pendidikan kepada pemuda, masih banyak pemuda-pemuda kami yang berpendidikan rendah. Untuk Camat dan Kades, jangan pernah sungkan memberikan teguran, karena ini daerah Melayu sangat menjunjung tinggi tata kerama dan adat," imbaunya.

Editor: Dodo