Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerimaan Siswa Baru di Batam Hampir Tiap Tahun Bermasalah
Oleh : Ahmad Romadi
Rabu | 01-07-2015 | 14:03 WIB
ilustrasi pendaftaran sekolah.jpg Honda-Batam
Pendaftaran siswa baru. (Foto ilustrasi/net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Permasalahan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Batam dinilai sudah kronis dan hampir setiap tahun ada. Anggota Komisi IV DPRD Batam, Safari Ramadhan, mengaku sudah menerima banyak laporan dari orang tua murid terkait permasalahan tersebut.

"Banyak siswa yang tidak bisa masuk dengan alasan katanya kurang kelas. Masalah-masalah itu sebenarnya kan masalah tahunan," kata Safari, Rabu (1/6/2015).

Karena itu ia berharap siapa yang menjadi Wali Kota Batam mendatang dapat mengubah personel di Dinas Pendidikan (Disdik) yang mempunyai komitmen yang kuat untuk menyelesaikan dan peduli dengan pendidikan di Batam ini.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp383 miliar atau 20 persen dari APBD untuk pendidikan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, termasuk juga sarana dan prasarana. "Tahun ini tidak ada pembangunan sekolah kan perlu dipertanyakan. Seperti SDN 08 di Batuaji sudah ada siswanya tapi sampai sekarang masih numpang di SDN 02. Ini perlu ditindaklanjuti, ada apa?" tanyanya.

Ia juga menyarankan sebaiknya untuk pembangunan sekolah bisa dilimpahkan ke dinas lainnya seperti Dinas Tata Kota agar Disdik bisa lebih fokus menangani khusus pendidikan. "Sekarang ini saya sedang mengusulkan agar Kepala Disdik Kota Batam bisa segera dipanggil rapat dengar pendapat di Komisi IV," jelasnya. (*)

Editor: Roelan