Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Pertama, Sistem PPDB Online di Tanjungpinang Error
Oleh : Habibi
Senin | 22-06-2015 | 18:45 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada hari pertama, Senin (22/6/2015), terlihat membludak di beberapa sekolah, maupun di Dinas Pendidikan Tanjungpinang.


Namun, di saat pendaftar membludak, sekitar pukul 10.30 WIB, sistem PPDB online malah eror. Hal itu menyebabkan seluruh proses pendaftaran terhenti dan para orang tua yang telah menunggu berjam-jam lamanya terlihat kecewa hingga memilih pulang. 

Kepala SMPN 5 Tanjungpinang, Irmalinda, mengatakan, pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab erornya server PPDB online. Hal serupa, katanya, juga terjadi di sekolah lain yang melakukan penerimaan siswa online. 

"Kami tidak tahu kenapa eror, karena servernya ada di Disdik," ujarnya saat ditemui, Senin (22/6/2015). 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, HZ Dadang Abdul Gani, mengakui bahwa sistem komputerisasi pendaftaran siswa baru mengalami kerusakan jaringan.

Dia mengatakan, pelaksanaan PPDB online di hari pertama masih menemukan kendala. Sehingga pihaknya masih harus berkoordinasi dengan kementerian. 

"Termasuk permasalahan jaringan. Ini akan dievaluasi, supaya besok tidak terulang lagi," ujarnya. 

Untuk hari pertama pendaftaran masuk sebanyak ribuan orang untuk jalur umum. Sementara untuk jalur khusus, seperti bina lingkungan (jalur tidak mampu), prestasi dan pindah domisili pun berjumlah ratusan.

Dadang mengatakan, untuk pendaftaran bina lingkungan jenjang SMP ada sebanyak 431 calon siswa. Sementara untuk jenjang SMA sebanyak 128 calon siswa, dan SMK sebanyak 170 calon siswa. 

"Untuk jalur prestasi jenjang SMP ada sebanyak 15 orang, SMA 49 orang dan SMK 6 orang. Sedangkan pindah domisili sebanyak 28 orang," terang Dadang.

Editor: Roelan