Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama Kompak

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan, Kamis Besok
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-06-2015 | 07:49 WIB
Menag.jpg Honda-Batam
Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin didampingi Ketua Umum PP MUI Din Syamsuddin, KH. Ma’ruf Amin dan para kiai dan ulama dari berbagai ormas Islam, setelah melakukan sidang istbat (penetapan) awal Ramadhan 1436 H, akhirnya sepakat 1 Ramadhan jatuh pada Kamis (18/6), karena dari 33 Provinsi seluruh Indonesia tidak melihat bulan (hilal).
 


Kriteria rukyat (melihat bulan) yang dijadikan pedoman standar awal Ramadhan dan 1 Syawal (Idul Fitri) adalah minimal 2 derajat. 

“Bulan syaban digenapkan 30 hari, maka 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015,” tegas Lukman di kantor KemenagRIJakarta, Selasa (16/6/2015)a.

Karena itu kata Menag RI, umat Islam bisa melakukan puasa Ramadan secara serentakmulai Kamis (18/6) mendatang. Menag RI berharap kebersamaan bisa dibangun sehingga persoalan bisa disikapi secara bersama-sama.

“Semoga ke depan hal ini bisa dilakukan secara bersama-sama pula dan umat Islam bersama-sama menunaikan ibadah puasa,” ujarnya.

Din Syamsuddin memberi penghargaan kepada Menag RI Lukman Hakim Saifuddin, karena sejak menjadi menteri selalu berupaya dan berkunjung ke romas-ormas Islam untuk menyatukan kalender Islami untuk umat Islam Indonesia.
 
“Jadi,  MUI menyambut keputusan ini dengan baik, di mana Pak Lukman Hakim selalu bersedia dan bertekad untuk melakukan pertemuan (halaqoh) lebih intensif lagi dan suatu waktu kita optimis ada pendekatan yang sama, sehubungan dengan datangnya Ramadhan, pada Kamis (18/6), sehingga pada Rabu (17/6) umat Islam sudah memulai proses ibadah shalat taraweh (qiyamul-lail),” tambahnya.
 
Dengan demikian kata Din Syamsuddin, MUI mengucapkan selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1436 H dan berpesan ‘Marilah kita isi Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya untuk dua orientasi: yaitu penyucian jiwa (tazkiyatunnafs) dari apa yang telah kita lakukan selama setahun terakhir ini dan memperbanyak amal saleh kepada sesama untuk mewujudkan Islam rahmatan lilalamin,” pungkasnya

Editor : Surya