Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Sengketa Laut Cina Selatan, Rakyat Jangan Pesimis dengan Pemerintah
Oleh : Nursali
Selasa | 16-06-2015 | 09:02 WIB
Haripinto tanudaja di tarempa -angkat tangan.JPG Honda-Batam
Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Haripinto Tanuwijaja, di Tarempa. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sengketa Laut Cina Selatan yang hingga kini masih terus bergulir membuat beberapa negara yang mengklaim wilayah tersebut terus bergejolak mulai dari muatan politis. Namun anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Haripinto Tanuwijaja, mengakui, permasalahan di laut Cina Selatan tersebut cukup kompleks.

Karena itu, katanya, diperlukan waktu dan kepercayaan kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah perbatasan antar negara tersebut. "Jangan pesimis kepada pemerintah. Pecayakan saja bahwa kita bisa menyelesaikan sengketa," kata Haripinto menanggapi BATAMTODAY.COM saat menggelar sosialisasi MPR RI yang bertemakan "Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" di gedung Balai Pertemua Masyarakat Siantan (BPMS), Tarempa, Senin (15/6/2015).

Ia juga mengatakan, pemerintah juga telah mempunyai target terhadap penyelesaian masalah perbatasan ini di seluruh Indionesia termasuk perbatasan Laut Cina Selatan.

"Kita berikan waktu kepada Pemerintah untuk menyelesaikan, karna ini berkaitan dengan diplomatis kepada negara tetangga," katanya

Menurutnya, permasalah perbatasan seperti saat sekarang ini bukanlah permasalahan yang mudah, mengingat selain Indonesia, negara-negara lainnya juga turut terlibat dalam sengketa tersebut. "Masalah perbatasan bukanlah semudah membalikkan telapak tangan," tuturnya. (*)

Editor: Roelan