Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

40 Siswi SMPI Lukman Al Hakim Batam Diwisuda
Oleh : Saibansah Dardani
Senin | 15-06-2015 | 11:25 WIB
wisuda-smpi.jpg Honda-Batam
Siswi SMP Lukman Al Hakim saat diwisuda pada Minggu kemarin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 40 orang siswi angkatan pertama Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Lukman Al Hakim 02 Hidayatullah Boarding School (HBS) Tanjunguncang Batam diwisuda, Minggu, 14 Juni 2015. Mereka sudah dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN) 2015 dan ujian internal pesantren. 

Dalam wisuda itu, Kepala Sekolah SMPI Lukman Al Hakim 02 HBS Batam, Ustadz Sumarno, M. Pd. I mengatakan, setelah 3 tahun menyenyam pendidikan dan pengajaran di HBS, para santriwati diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari. Apalagi, rata-rata dari mereka sudah lulus ujian terbuka menghafal al Qur’an sebanyak 3 sampai 7 juz. 

"Anak-anakku, selepas dari pesantren ini harus tetap teguh memenang 3 B. Yaitu, beribadah, beriman dan berbakti kepada kedua orang tua," tuturnya.

Ditambahkan Ustadz Sumarno, pihaknya memang tidak menggunakan istilah "pelepasan" atau "perpisahan" dalam acara wisuda perdana ini. Tapi mereka lebih memilih diksi, "Tasyakuran dan Syiar". Sebab, ucapan atau tulisan itu adalah do’a. 

"Jika betul, pelepasan itu melepaskan anak-anak kami dan benar-benar lepas. Atau, perpisahan itu berarti benar-benar pisah, maka terputuslah tali silaturrahmi," papar Ustadz Sumarno.

Setelah lulus tingkat menengah, 17 orang dari mereka kembali melanjutkan SMA-nya di HBS Putri Tanjungncang Batam. Sebagian lainnya ada yang melanjutkan pendidikan ke Sumatera Barat, Jakarta dan beberapa tempat lain. Karena itulah, acara wisuda kali ini menjadi momentum yang sangat mengharukan bagi para santriwati.

Beberapa diantara para santriwati yang lulus dengan perolehan nilai peringkat 1 hingga 3 mendapat piala khusus sebagai motivasi bagi yang bersangkutan, juga teman-teman dan adik-adik kelasnya. Tidak hanya itu, bagi para santriwati yang pencapaian hafalan al Qur’an mereka paling banyak juga  mendapatkan piala serupa. “

"Ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan yang sama bagi para santriwati yang memiliki prestasi akademik dan hafalan al Qur’an," ungkap Ustadz Sumarno lagi. *

Editor: Dodo