Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Super-Grastrack Motorcross Tanjunguban, Pembalap Juga Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas
Oleh : Harjo
Minggu | 14-06-2015 | 12:27 WIB
kapolres_bintan_supergrass_track.JPG Honda-Batam
Kapolres Bintan, AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas, melepas para pembalap. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebanyak 69 pembalap meramaikan ajang Super-Grasstrack Motocross di sirkuit Dwikora Tanjunguban. Ajang yang digelar memperingati HUT Bhayangkara ke-69 diikuti pembalap dari Kepulauan Riau dan Riau dan dibuka secara resmi oleh Kapolres Bintan, AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas, Sabtu (13/6/2015).

"Acara yang diselenggarakan ini adalah iven rutin tahunan yang kelima kalinya, sekaligus kampanye  gerakan nasional pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan di tengah masyarakat," ujar Wisnu dalam sambutannya.

Menurut Wisnu, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan bisa membantu mengurangi hal yang negatif seperti balapan liar di jalan raya guna mengurangi laka lantas. Selain itu juga sekaligus mencari  bakat dan bibit atlet berprestasi serta ajang  pembinaan generasi muda untuk menyalurkan bakatnya, khususnya di bidang otomotif.

"Semua pihak harus bersama-sama mewujudkan ketertiban berlalu lintas, dan bagi para peserta yang mengikuti motorcross harus selalu menjunjung sportivitas dalam bertanding," pesan Wisnu.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kepri, Apri Sujadi, yang hadir dalam pembukaan grastrack motorcross itu menyebutkan, agenda tahunan motorcross ini harus menjadi duta sebagai pelopor keselamatan di jalan raya. Namun yang paling penting adalah bagi pembalap harus lebih paham dengan aturan lalu lintas serta harus memberikan contoh kepada pemuda lain saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

"Untuk mencari bibit atlet yang berprestasi, harus disertai dengan pembinaan terhadap atlet. Tidak hanya sekedar mencari bibit unggul tetapi minim pembinaan agar para atlet bisa benar-benar menyalurkan bakatnya dalam ajang yang lebih besar dan tingkat yang lebih tinggi," harapnya.

Samsudin AT, ketua panitia pelaksana grastrack motorcross, menyampaikan jumlah pembalap yang ambil bagian dalam iven tahun ini berjumlah  69 pembalap dan  memperebutkan hadiah sebagai Rp37 juta.

"Ke-69 pembalap yang ambil bagian termasuk sejumlah atlet dari Pekanbaru dan berasal dari berbagai kota dan kabupaten di kepri dengan 19 kategori pertandingan," terangnya.

Pembukaan kejuaraan motocross itu juga dihadiri oleh Wakil Kapolres Bintan, Kompol Suka Irawanto, dan sejumlah pejabat utama di lingkungan Polres Bintan. Sealain itu turut hadir Wakil Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo; Danramil Bintan Utara, Kapten Harioko; tokoh masyarakat Bintan, H Amat Umari; serta perwakilan dari kantor camat Bintan. (*)

Editor: Roelan