Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Naik 8,97 Persen dari Tahun 2010

Hingga Juni Kunjungan Wisman Capai 440.280
Oleh : Sumantri/Dodo
Selasa | 12-07-2011 | 11:57 WIB
Yusfa_Hendri.jpg Honda-Batam

Yusfa Hendri  Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam

BATAM, batamtoday - Kunjungan wisatawan mancanegara dari berbagai negara, khususnya Singapura dan Malaysia, ke Kota Batam pada Januari hingga Juni 2011 meningkat 8,97 persen dibanding periode yang sama tahun 2010. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Yusfa Hendri.

"Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Batam pada Januari hingga Mei 2011 sebanyak 440.280 orang, meningkat 8,97 persen dibanding tahun 2010,," kata Yusfa, kepada batamtoday, Selasa, 12 Juli 2011.

Pada Mei saja, kata Yusfa sebanyak 96.280 orang wisman mengunjungi Batam, atau meningkat 13,7 persen dibanding bulan yang sama tahun 2010. Menurut Yusfa, meningkatnya jumlah kunjungan wisman dipacu semakin baiknya perekonomian dunia dan makin baiknya kondisi dalam negeri yang meningkatkan kepercayaan wisman untuk mengunjungi Batam.

"Dulu krisis ekonomi melanda, sehingga kunjungan berkurang, namun sekarang perekonomian membaik, sehingga kunjungan wisman kembali meningkat, ditambah lagi dengan keamanan yang kondusif dan berbagai kegiatan wisata yang kerap digelar di Batam khsususnya" kata Yusfa.

Ia mengatakan, mayoritas wisman yang mengunjungi Kota Batam berasal dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan, China, India, Australia dan Amerika Serikat.

"Dengan angka capaian wisman hingga Mei, kami optimistis bisa mencapai target kunjungan wisman dari pusat sebesar 1,150 juta wisman sepanjang 2011," kata Yusfa.

Pemko Batam merancang berbagai acara untuk menyerap kunjungan wisman, antara lain Batam Great Sale (BGS) pada pertengahan dan akhir tahun, Kenduri Seni Melayu, Sea Eagle Boat dan Pesta Kembang Api untuk menari wisman dan wisnus sepanjang 2011. BGS diharapkan dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri, mengingat selama ini Batam dikenal sebagai kota tujuan belanja.

"BGS akan memberikan diskon bervariasi untuk barang-barang tertentu," kata Yusfa.

Ia mengatakan BGS tidak hanya berlaku untuk belanja barang, namun juga pelayanan jasa seperti tempat hiburan, spa, golf, makanan dan minuman dan hotel. Sedangkan akhir tahun, Pemkot sengaja memilih sebelum "high season" dimulai, untuk merangsang kunjungan wisatawan pada Desember.