Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelulusan SLTP di Kepri Tahun 2015

SMPN 1 Tanjungpinang Peringkat Pertama, Sekolah di Batam Justru Dominasi 10 Besar
Oleh : Habibi
Rabu | 10-06-2015 | 20:51 WIB
ilustrasi_UN_-_LJK_wide.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanjungpinang merupakan satu-satunya sekolah jenjang SLTP yang melaksanakan ujian nasional (UN) berbasis komputer di Provinsi Kepulauan Riau. Beruntungnya, karena ujian berbasis komputer tersebut, SMPN 1 Tanjungpinang menduduki peringkat pertama 10 besar perolehan nilai terbaik pada SMP/MTs se-Kepri pada tahun ini.

Selain peringkat pertama, SMPN 1 Tanjungpinang juga satu-satunya sekolah yang masuk peringkat 10 besar dengan nilai UN tertinggi, menyingkirkan sekolah favorit lainnya seperti SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5 serta sekolah swasta unggulan di Tanjungpinang.

"Tanjungpinang memang satu-satunya sekolah peringkat pertama dengan jumlah nilai 337,30. Selebihnya Batam," terang ketua panitia UN Kota Tanjungpinang, Soemantri, saat ditemui di kantornya, Rabu (10/6/2015).

Sementara itu, dari data yang diperoleh dari Soemantri, peringkat 10 besar di Kepri memang dipegang oleh Kota Tanjungpinang. Namun jumlah sekolah yang masuk "the big ten" justru didominasi Batam, mulai peringkat kedua hingga kesepuluh.

"Selebihnya memang didominasi sekolah dari Batam, namun didominasi juga oleh sekolah swasta. Ada SMPS Charitas Batam peringkat II, SMPS Kristen Tabqha peringkat III, SMPN 6 Batam peringkat IV, SMPS Kristen Kalam Kudus 2 peringkat V, SMPS Global Indo Asia Batam peringkat VI, SMPS Kallista Batam peringkat VII, SMPS Maitreyawira peringkat VIII, SMP Putra Batam peringkat IX dan SMPS Djuwita Batam peringkat X," terang Soemantri.

Meskipun demikian, Tanjungpinang malah menjadi kota yang duduk diperingkat IV untuk 10 besar nilai rata-rata tertinggi se-Kepri. Untuk peringkat pertama dipegang oleh Kota Batam, disusul Karimun di peringkat II dan Anambas di peringkat III. Sementara itu untuk peringkat V sampai VII secara berurutan diduduki oleh Natuna, Bintan dan Lingga. (*)

Editor: Roelan