Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Inisiator Deklarasi Pilkades Damai, Polsek Dabo Dapat Pujian
Oleh : Nurjali
Rabu | 10-06-2015 | 15:17 WIB
deklarasi_damai_pilkades_di_dabo.jpg Honda-Batam
Salah satu calon kepala desa saat menandatangani kesepahaman disaksikan Kapolsek Dabo, Danramil Dabo, dan Camat Singkep. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepolisian Sektor Dabo mendapatkan apresiasi dari Polres Lingga atas penyelenggaraan penandatanganan nota kesepahaman pemilihan kepala desa (pilkades) damai yang diikuti seluruh kepala desa di tiga wilayah hukum Polsek Dabo yakni Kecamatan Singkep, Singkep Selatan, dan Singkep Pesisir. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Mapolsek Dabosingkep, Jalan Asrama Polisi, Rabu (10/6/2015).

"Kegiatan ini untuk pertama kalinya dilakukan oleh polsek, dan baru Polsek Dabo yang menyelenggarakan kegiatan ini. Kita apresiasi apa yang telah dilakukan oleh Polsek Dabo untuk menciptakan kondisi damai antarsesama warga dalam penyelenggaraan pilkades serentak nanti," kata Wakapolres Lingga, Kompol Robertus, saat menghadiri kegiatan tersebut.

Menurutnya, Polsek Dabo juga berhasil melakukan sinergitas antara polisi, TNI, pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan ketertiban umum, sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Apa yang dilakukan oleh Polsek Dabo pada hari ini telah membuktikan bahwa TNI dan Polri serta pemerintah dan masyarakat dapat saling bersinergi dalam menciptakan keamanan lingkungan, sehingga dapat memberikan rasa nyaman," katanya.

Sementara itu Kapolsek Dabo, AKP Syafrudin Anwar, menuturkan, kegiatan ini melibatkan pihak kecamatan di tiga kecamatan, Koramil dan masyakarat untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif saat menjalankan pelaksanaan pilkades serentak pada 25 Juni mendatang.

"Pelaksanaan pilkades nanti tepat di bulan Ramadhan. Karena itu penandatangan kesepakatan ini sangat penting untuk menciptakan kondisi yang aman kepada masyarakat kita yang nanti juga akan menjalankan ibadah puasa," kata Syafrudin dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Singkep, Kisanjaya, juga berharap kegiatan bisa menciptakan kondisi yang aman dan kondusif serta menciptakan politik yang santun dan beradat, sehingga menjadi contoh demokrasi yang profesional dan santun. "Mari kita ciptakan politik yang bersih dan santu sesuai adat kita untuk demokrasi yang bersih," kata Kisanjaya.

Komandan Rayon Militer Dabosingkep, Kapten Inf Telaumbauna, pun berharap sama.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyampaian deklarasi dari tiga perwakilan di tiga kecamatan yang diikuti kurang lebih lima puluh orang calon kepala desa. Ada 11 poin kesepakatan dalam deklarasi itu yang tujuannya untuk menciptakan pilkades yang bersih dan menandatangani kesepakatan tersebut diatas kertas dan di atas spanduk yang telah disiapkan oleh Polsek Dabo. (*)

Editor: Roelan