Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sutiyoso Calon Kepala BIN Pilihan Jokowi
Oleh : Surya
Rabu | 10-06-2015 | 14:15 WIB
Sutiyoso.jpg Honda-Batam
Letjen Pur Sutiyoso

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan, parlemen telah menerima surat pencalonan panglima TNI dari Presiden Joko Widodo, kemarin. Dalam surat tersebut Presiden Jokowi menunjuk Kasad Gatot Nurmantyo.


Bersamaan dengan itu, ternyata Jokowi juga menyerahkan surat calon Kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Setya mengungkapkan, presiden menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

“Malam sudah komunikasi langsung dengan Presiden waktu di Solo, pergantian panglima TNI. Saya sudah menerima surat termasuk Kepala BIN, Sutiyoso, menggantikan Marciano Norman,” kata Setya di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Dia mengatakan, dua surat diterima Ketua DPR tadi malam. Selanjutnya pimpinan DPR segera melakukan rapat membahas surat tersebut sebelum dilempar ke Badan Musyawarah lalu dibacakan di paripurna. Novanto menyampaikan, sidang paripurna kemungkinan diadakan pekan depan.

“Setelah dibacakan, akan diadakan fit n proper (uji kalayakan) di Komisi I yang melibatkan perwakilan fraksi,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Komisi I DPR Mahfudz mengatakan, sebagai panggi Marciano Norman sebagai calon Kepala BIN, Sutiyo adalah sosok yang sudah dikenal dan suka bergaul, meskipun sudah berumur. 

"Dia orangnya gaul walaupun sudah cukup berumur, klau tidak salah usia beliau sekarang 70 tahun, "kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq.

Namun, Mahfudz belum mau berkomentar apakah Sutiyoso memang dinilai cocok sebagai Kepala BIN. Namun menurutnya, pribadi Bang Yos sesuai dengan kebutuhan BIN. 

"Ya tergantung nanti (cocok atau tidak) Proses fit and proper kan harus kita lihat cocok atau tidak. Tapi orangnya gaul. Kan kalo intel harus gaul orangnya," ujar politikus PKS ini. 

Sutiyoso lahir pada 6 Desember 1944 atau berusia 70 tahun. Dia pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya dan Gubernur DKI Jakarta 2 Periode.

Bang Yos sapan akrab Sutiyoso juga seorang politikus sekaligus mantan tokoh militer Indonesia berbintang tiga. 
Di karir politiknya, Sutiyoso sekarang adalah Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Karir militernya mencuat pada periode 1988-1992 saat menjabat menjabat asisten personil, asisten operasi, dan wakil komandan Jenderal Kopassus.

Sosoknya makin dikenal saat terpilih sebagai komandan resimen terbaik se-Indonesia ketika menjabat kepala staf Kodam Jaya pada 1994. Prestasi yang digenggamnya itu kemudian ikut menghantarkannya pada jabatan panglima Kodam Jaya.

Editor : Surya