Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manchester United Merek Sepakbola Paling Berharga
Oleh : Redaksi
Selasa | 09-06-2015 | 10:57 WIB
old_trafford.jpg Honda-Batam
Olda Trafford, stadion kandang Manchester United.

BATAMTODAY.COM - Manchester United adalah merek sepakbola paling bernilai di dunia, mengalahkan Bayern Munich, menurut laporan perusahaan konsultan Brand Finance.

Meskipun kembali tidak memenangkan satu pialapun pada musim pertandingan yang lalu, merek klub Old Trafford ini diperkirakan bernilai US$1,2 miliar atau Rp16 triliun.

Enam dari sepuluh merek klub paling berharga berasal dari Inggris.

Barcelona yang memenangkan final Liga Champion pada hari Sabtu (6 Juni), turun dua peringkat ke urutan keenam klub paling berharga, senilai US$773 juta atau Rp10 triliiun.

Laporan terbaru pada koran Spanyol, Sport, mengisyaratkan penggemar ManU di dunia menurun karena tidak memenangkan satu pialapun.

Tetapi laporan Brand Finance menyebutkan," Bahkan jika laporan kehilangan fans dapat dipercaya, United tetap memiliki banyak penggemar di India, Asia Tenggara dan Cina, lebih setengah miliar orang dan hal ini sudah pasti tidak membuat para sponsor mundur."

Mereka mengacu kepada kesepakatan sponsor kaos klub yang menguntungkan dengan Chevrolet dan rekor kesepakatan barang-barang olah raga dengan Adidas yang ditandatangani pada tahun 2014 yang memberikan £750 juta atau Rp15 triliun kepada MU dalam sepuluh tahun.

Sumber: BBC