Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gempa Dekat Gunung Kinabalu Malaysia Tewaskan Dua Orang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-06-2015 | 12:37 WIB
gunung kinabalu malaysia usai gempa.jpg Honda-Batam
Gunung Kinabalu setelah terjadi gempa. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Dua orang dilaporkan tewas dan sejumlah orang lainnya hilang setelah gempa bumi terjadi di dekat puncak gunung tertinggi di Malaysia, seperti disampaikan pejabat setempat. Jasad seorang pemandu lokal dan seorang anak perempuan berusia 12 tahun asal Singapura ditemukan di Gunung Kinabalu, di pulau Kalimantan, seperti dilaporkan media lokal.

Gempa dengan kekuatan 6.0 itu menyebabkan tanah longsor, yang menyebabkan 137 pendaki terjebak di gunung selama beberapa jam. Upaya penyelamatan sempat terhambat cuaca buruk, tetapi saat ini petugas SAR sudah berada di Gunung Kinabalu.

Menteri Pariwisata Malaysia, Masidi Manjun, menulis kicauan di Twitter : "137 orang pendaki dengan selamat telah sampai di Kantor Pusat Taman, yang terakhir tiba pada 2.50 pagi.
"Kami masih menghadapi tantangan pada hari ini untuk mencari mereka yang masih hilang."
Manjun tidak secara spesifik menyebutkan berapa orang yang masih hilang di kawasan Gunung Kinabalu.

Ketika gempa terjadi, ratusan pendaki tersebut berupaya mencapai puncak Gunung Kinabalu untuk menyaksikan matahari terbit.

Survei Geologi AS menyebutkan, gempa bumi terjadi pada pukul 07.15 waktu setempat, dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di lokasi yang berjarak 54km dari GUnung Kinabalu.
Seluruh aktivitas pendakian ke kawasan tersebut telah ditutup. (*)

Sumber: BBC