Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerimaan Siswa Baru di Tanjungpinang Dimulai Pada Bulan Puasa, Sistem Rayon Masih Dipakai
Oleh : Habibi
Jum'at | 29-05-2015 | 15:22 WIB
dadang_ag_-_pns_tunjuk_jari.jpg Honda-Batam
HZ Dadang AG, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Tanjungpinang akan dilaksanakan pada bulan puasa, tepatnya pada 22-25 Juni 2015. PPDB itu akan dilaksanakan serentak di seluruh jenjang pendidikan. Selain itu, PPDB di Tanjungpinang juga masih menerapkan sistem rayon.

"Pemerintah telah menerapkan sistem rayon dengan tujuan yang baik agar kuota di sekolah terpenuhi dengan standar minimal yang ada. Maka dari itu, jangan lagi berbondong-bondong mendafrtar ke sekolah negeri ataupun sekolah favorit. Semuanya sama," ujar HZ Dadang AG, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Jumat (29/5/2015).

Karena itu, pesannya, orang tua tidak boleh mendoktrin siswa agar memilah-milih sekolah.

Dijelaskan, dalam sistem rayon itu tidak ada mengkotak-kotakkan sekolah negeri saja, melainkan sekolah swasta pun turut masuk dalam ketentuan rayon tersebut. "Sejatinya kualitas sama saja. Jika memang ada yang mengatakan sekolah swasta itu mahal, saya pikir relatif. Dan tidak semua sekolah swasta itu mahal," jelas Dadang.

Kemudian, untuk jumlah per kelas, Dadang mengaku telah menentukan jumlah minimal maksimal hanya 32 orang untuk jenjang SD dan 36 orang untuk jenjang SMP dan SMA. "Saya jamin, jika orang tua mengikuti aturan, standar minimal penerimaan siswa baru ini terpenuhi," kata Dadang. (*)

Editor: Roelan