Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan yang Dilalui Ditutup selama Dua Jam

Wapres Dijadwalkan Resmikan Lagoi Bay 31 Mei Mendatang
Oleh : Harjo
Kamis | 28-05-2015 | 18:58 WIB
jusuf_kalla.jpg Honda-Batam
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (Foto: net)

BATAMYTODAY.COM, Tanjunguban - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), dijadwalkan akan meresmikan kawasan pariwisata baru Lagoi Bay pada Minggu (31/5/2015). Peresmian itu mundur dari jadwal sebelumnya, yakni Sabtu (30/5/2015) akibat padatnya jadwal JK.

"Kedatangan Wapres mundur satu hari, sehingga peresmian kawasan pariwisata baru Lagoi Bay hari Minggu (31/5/2015) yang sebelumnya dijadwalkan Sabtu (30/5/2015)," kata Roni Kartika, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Bintan, Kamis (28/5/2015).

Di kawasan pariwisata baru Lagoi Bay, beberapa plaza dan hotel yang akan diresmikan di antaranya Lagoi Bay Plaza/Malla, Swissbell hotel, dan The Shancaya. Juga Crystal Lagoon Treasure Bay.

"Selain peresmian hotel/resort yang sudah selesai pembangunannya, Wapres juga melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan beberapa hotel dan resort, di antaranya Novotel Hotel, I-biss Hotel dan Shangrila," ujarnya.

Sementara itu General Group Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, didampingi GM Admin PT BRC, Aditya Laksamana, mengatakan, peresmian kawasan pariwisata baru Lagoi Bay akan dimeriahkan dengan beberapa pagelaran musik, fashion show, beach party, juga bazar dan live music.

"Pagelaran musik mendatangkan beberapa grup  band dan penyanyi terkemuka Tanah Air selama enam hari berturut-turut sampai tanggal 6 Juli. Ada Ruth Sahanaya, Gigi, Vicky Burki, The Changcuters, Ran, dan CJR," katanya.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad, mengatakan, selain meresmikan Lagoi Bay, Wapres dijadwalkan meresmikan delapan masjid besar yang dibangun di setiap kecamatan. "Delapan masjid besar kecamatan diresmikan bersamaan dipusatkan di Masjid Besar Baitul Makmur, Tanjunguban," terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira, menambahkan, apabila waktu kunjungan Wapres mencukupi, Wapres juga akan mengunjungi kawasan pariwsata Sun Resort, pembangunan smelter Bintan Alumina Indonesia (BAI) dan  rencana pembangunan Center Bussinese Development (CBD).

Di sisi lain, untuk pengamanan Polres Bintan menurunkan sebanyak 220 personel. "Kita akan menurunkan 220 anggota kita untuk pengamanan jalur," kata Kabag Ops Polres Bintan, Kompol Yudi Sukmayadi.

Dari Polda, kata Yudi, akan di-back-up dua peleton dari Brimob, terutama dari penjinak bom dua regu. Dan untuk penambahan armada pengawalan dari Sat Lantas meminta bantuan dari Polda.

"Pengamanan ring satu Paspampres, ring dua TNI, baru ring 3 Polri. Kalau khusus untuk jalur yang dilalui, tugasnya polisi ," terangnya.

Persiapan Polri, lanjutnya, di antaranya pengamanan pada simpang-simpang. Juga banyaknya jalur alternatif dan kondisi badan jalan yang tidak semuanya, ada sebagian badan jalan yang rusak.

"Kita sedang menginventarisir simpang-simpang mana saja yang akan dilalui wapres itu. Dan setiap simpang kita akan tempatkan dua anggota," sebut Yudi.

Saat kedatangan, kemungkinan jalan yang dilewati JK, akan ditutup selama dua jam. "Ini adalah VVIP, harus jalur bebas hambatan. Selama perjalanan RI-2, jalan ditutup pukul 09.00-11.00 pada jalur yang dilalui," ungkapnya. (*)

Editor: Roelan