Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cafe Fresh Beer di Tanjungpinang Diduga Buang Limbahnya ke Drainase
Oleh : Habibi
Kamis | 28-05-2015 | 17:48 WIB
penyulingan cafe fresh beer.jpg Honda-Batam
Kher Juli (kemeja bergaris) saat meninjau proses penyulingan bir di Cafe Fresh Beer. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Cafe Fresh Beer diduga telah membuang limbahnya sembarangan. Ketua LSM Air, Lingkungan dan Manusia (ALIM), Kher Juli, mengaku telah memantau ke lokasi tempat yang diduga terdapat limbah bir di kawasan Jalan Ir Sutami, Gang Akasia II, RT05/ RW04.

"Saya sudah ke tempat penyulingan birnya. Saya mendapatkan bau limbah dan bau tempat penyulingan itu sama. Jadi, dugaan itu sepertinya kuat," ujar Kher Juli, Kamis (28/5/2015).

Kher Juli mengatakan, hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus pemerintah. Pasalnya, pemerintah telah memberi izin, namun malah kejadiannya seperti sekarang ini. Hal ini membuat Kher Juli ragu dengan proses perizinan yang "direstui" pemerintah.

"Memang izinnya lengkap, sampai ke BPOM mereka ada, tapi nyatanya seperti ini. Kita akan minta tinjau lagilah tentang perizinan ini," ujar Kher Juli.

Presiden Air ini pun meminta kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang bertindak cepat dan mensterilkan drainase, juga permasalahan ini. Sehingga mendapatkan titik temu yang baik yang tidak merugikan masyarakat.

"Kalau bisa tutup dulu sementara, itu kita minta kepada pemerintah. Tapi ya itulah, Dinas Kesehatan saja tidak datang tadi pas kami pengecekan, hanya BLH saja yang ada. Padahal Dinkes itu yang penting agar secepatnya bisa diperiksa di laboratorium," ujar Kher Juli.

Sementara itu dari pihak Cafe Fresh Beer sendiri mengaku siap jika memang masyarakat meminta agar dilakukan tes laboratorium. Dugaan masyarakat tersebut pun diragukan oleh pihak Fresh Beer karena di kawasan tersebut banyak juga usaha yang berhubungan dengan bir.

"Kita siap uji lab, kita serahkan kepada pemerintahlah bagaimana. Kita juga siap membantu jika memang itu terbukti dari kita," ujar Kendi Agustin, salah satu pengelola Fresh Beer. (*)

Editor: Roelan