Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambil Menangis, Guru Honorer K2 Demo Wali Kota Batam Tuntut Diterbitkan SK CPNS
Oleh : Ahmad Rohmadi/Roni Ginting
Kamis | 28-05-2015 | 15:33 WIB
demo-guru-kii.jpg Honda-Batam
Salah satu guru honorer K2 berorasi di depan Kantor Wali Kota Batam. Mereka menuntut Dahlan segera menerbitkan SK CPNS.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 50 orang guru honor K2 demo mendesak Wali Kota Batam segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) CPNS, Kamis (28/5/2015) siang.

Di depan kantor Pemko Batam, puluhan guru honor yang kebanyakan perempuan unjuk rasa dengan membawa spanduk yang bertuliskan: Pemko Batam segera selesaikan honor K2, Terbitkan SK CPNS dari tenaga honor K2 dan Berikan SK CPNS secara menyeluruh/tidak bertahap.

Orasi diawali dengan lagu Hymne Guru. Santi Erliana, guru honor SMPN 38 Batam yang memimpin lagu tidak bisa menahan haru. Isak tangis pun pecah mengingat pengabdian pahlawan tanpa tanda jasa tersebut untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kami bukan meminta apa-apa, kami bukan pencuri tapi guru yg minta hak kami. Sudah 2 tahun kami menunggu hanya dibilang sabar..sabar..sabar..," kata Santi.

"Sampai kapan kami menunggu," tanyanya.

Ia juga mengatakan agar Wali Kota segera menerbitkan SK yang sudah lama dijanjikan dan menjadi hak mereka.

"Kami inginkan ketukan hati nurani suci, kami bukan penjahat, kami sosok guru yang mengajari anak-anak bapak sekalian," ujar Santi.

Sedangkan Handoko, koordinator aksi mengatakan segala upaya telah dilakukan. Bahkan telah mendapat rekomendasi dari Komisi II, Komisi IV bahkan ketua DPRD Batam agar Wali Kota segera menerbitkan SK guru honor K2.

"Berharap kepada Wali Kota untuk segera mengeluarkan SK yang menjadi hak kita. Kita bukan maling, kita mencerdaskan kehidupan bangsa tapi kehidupan kita tidak diperhatikan," kata Handoko.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Subroto guru SMP N 22 Batam itu juga mengatakan sudah belasan tahun mengajar di Kota Batam tapi sampai hari ini SK hanya di janjikan saja tanpa ada kejelasan.

"Saya sudah mengajar belasan tahun di Batam, bahkan anak didik saya sudah banyak yang berhasil, jadi Polisi, TNI pak Wali. Kami ini bukan penjahat datang kesini," kata guru bidang studi IPA tersebut.

Setelah cukup lama berorasi perwakilan para guru honorer K2 tersebut diizinkan masuk ke Kantor Wali Kota dan diterima oleh Sekretasis Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Alwi AR.

Sampai pukul 14.55 WIB para perwakilan masih bertemu secara terturup dengan Sekretaris BKD di lantai 3 kantor Wali Kota Batam. Sementara rekan guru lainnya menunggu sambil berzikir di depan kantor tersebut.

Editor: Dodo