Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Keluarga Nyaris Terpanggang dalam Kebakaran di Jalan Pramuka
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 28-05-2015 | 14:55 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selain di Lingga, si jago merah juga mengamuk di Jalan Pramuka, Lorong Buyu Nomor 34 RT 03/RW 04 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, tepatnya rumah milik Akau saat listrik padam pada Kamis (28/5/2015) sekitar pukul 00.15 WIB.

Akibatnya, seluruh keluarga Akau nyaris terpanggang. Beruntung, Akau yang menyadari hawa panas di rumahnya langsung terbangun dan membangunkan keluarganya. Diketahui, api sudah melalap bagian dapur rumahnya.

"‎Saya tahu rumah saya terbakar saat terbangun karena asap dan hawa didalam rumah sudah panas, ketika membuka pintu dapur, ternyata api sudah membesar," ujar Akau. 

Sebelumnya, tambah dia, dirinya bersama keluarga sudah tertidur sejak pukul 22.00 WIB bertepatan dengan padamnya listrik. "Tiba-tiba saat bangun, api di dapur rumah sudah membesar, dan saya langsung bergegas membangunankan anak dan isteri serta menyelamatkan barang apa-adanya," kata dia.

Akibat kebakaran ini, sejumlah warga lain secara bergotong royong juga sempat membantu pemadaman, dengan menyiramkan air seadanya ke api yang sudah membesar. 

Beruntung, sekitar 10 menit kejadiaan, sejumlah mobil Pemada‎m Kebakaran Kota Tanjungpinang, langsung turun ke TKP. Sedangkan warga lainya, sibuk mengangkat dan menyelamatkan, barang-barang lainya, karena takut api akan merembet ke rumah lainnya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanjungpinang Agustiawarman mengatakan pemadaman baru berhasil satu jam kemudian setelah pihaknya mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. 

Sedangkan mengenai penyebab. kebakaran, diduga berasal dari terbakarnya sebuah saklar listrik di dapur rumah. "‎Salah satu stop kontak di dapur rumah korban, digunakan sebagai sumber aliran listrik ke sejumlah barang elektronik, hingga saat lampu hidup, besar kemungkinan terjadi korsleting yang mengakibatkan kebakaran," ujarnya. 

Kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah dan garis polisi masih dipasang di rumah Akau untuk kepentingan penyelidikan polisi.

Editor: Dodo