Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KJRI Johor Bakal Fasilitasi UMKM Batam Pameran di Malaysia
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 27-05-2015 | 13:58 WIB
konsul-indonesia-johor-iwa.jpg Honda-Batam
Konsul Indonesia di Johor Bahru, Iwa Mulyana.

BATAMTODAY.COM, Batam - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru, Malaysia akan memfasilitasi para pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) asal Batam untuk pameran dan menggelar galeri produknya secara permanen di Johor dalam waktu dekat ini.

Konsul dari KJRI Johor Bahru, Iwa Mulyana mengatakan promosi usaha ini bertujuan untuk mengenalkan potensi dan hasil usaha UMKM Batam di wilayah Johor tersebut.

"Pelaku UMKM baik binaan pemerintah daerah maupun swasta dapat ikut bergabung nanti," kata Iwa, Rabu (27/5/2015).

Menurut Iwa, Beberapa hasil UMKM yang punya potensi untuk ditawarkan dan diperkirakan mendapat respon positif dari konsumen Johor Bahru antara lain baju muslim dan makanan (kuliner) dan pameran tersebut akan digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Johor

Meskipun produk Malaysia, terutama dari sisi pengemasan dinilai lebih menarik, dia yakin produk UMKM Batam tetap dapat diterima di daerah tersebut.

Peluang dari adanya pameran itu juga diharapkan tak hanya sekedar mengenalkan produk Batam ke Malaysia. Lebih dari itu, ia berharap terjalin kerjasama dalam skala yang lebih besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Yusfa Hendri mengatakan menerima dengan baik tawaran tersebut, ia juga mengatakan  promosi ini bukan hanya sehari atau dua hari, tapi terus menerus dan kemudian dari produknya bisa terjalin kontrak bisnis.

Dengan makin dikenalnya produk Batam dan lalu lintas kerjasama yang makin intens, Yusfa juga berharap dengan adanya pameran tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Johor ke Batam.

"Negeri-negeri di Semenanjung (Melayu) itu masih sangat mungkin untuk kita kembangkan (untuk menarik wisatawan asing)," katanya.

Editor: Dodo