Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Terpadu Tertibkan Bangunan Liar di Sekitar Dam Duriangkang
Oleh : Gabriel P. Sara
Rabu | 27-05-2015 | 13:16 WIB
penertiban-duriangkang.jpg Honda-Batam
Kebun liar di kawasan Dam Duriangkang ditertibkan tim terpadu, Rabu siang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bangunan liar yang berdiri di kawasan Dam Duriangkang ditertibkan oleh tim terpadu yang terdiri dari Ditpam BP Batam, Polri dan TNI pada Rabu (27/5/2015).

Dalam penertiban kali ini, tim terpadu melakukan penyusuran dari lokasi depan Kantor Camat Seibeduk, Sungai Daun hingga ke reservoir ATB yang ada di pintu IV Seibeduk. Pondokan, karamba ikan dan juga kebun-kebun liar menjadi sasaran penertiban.

Sarjono, Kasi Pengamanan Lingkungan Ditpam BP Batam di lokasi mengatakan, penertiban tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas air yang ada di Dam Duriangkang dari pencemaran dan kekeringan. 

"Tak ada toleransi lagi. Sudah tiga kali kita layangkan surat, SP1, 2 dan 3 sudah kita layangkan. Jad, hari ini kita tertibkan semua. Yang kita lakukan ini untuk warga Batam sendiri, karena air bersih merupakan kebutuhan utama," kata Sarjono.

Lanjutnya, dalam penerbitan itu, tim terpadu berhasil membongkar semua pondok, sebanyak 12 pondok dan deretan kebun sayur, cabe dan pisang yang berada di depan Perumahan Buana Garden Seidaun.

"Ada sebagian yang belum kita tertibkan. Paling lambat dua minggu semua akan kita kosongkan," jelasnya.

Tambahnya, penertiban tersebut bertujuan untuk lokasi sepanjang Dam Duriangkang itu harus bebas dari pembangunan liar dan pemukiman lainnya.

"Diharapkan ada kerjasama dari warga sendiri. Ini upaya untuk melestarikan air bersih di Batam. Kalau air tercemar, siapa yang susah. Jadi kita butuh kesadaran dari warga saja dan sama-sama menjaga," harapnya.

Editor: Dodo