Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Sinabung Tujuan Indonesia Timur Kurang Diminati Penumpang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 27-05-2015 | 11:11 WIB
KM_Sinabung.jpg Honda-Batam
KM SInabung. (Foto: Humas Pemko Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kehadiran kapal baru milik PT Pelni, KM Sinabung yang melayani pelayaran menuju kawasan timur Indonesia kurang diminati oleh penumpang di Batam.

Dahlan Mustafa, Kepala Operasional PT Pelni cabang Batam mengatakan kapal yang memiliki rute Batam, Semarang, Surabaya, Makasar, Lombok dan NTT setiap bulannya hanya mengangkut puluhan penumpang saja dari Pelabuhan Beton, Sekupang.

"Sejak beroperasi pada Januari sampai sekarang, jumlah penumpang hanya puluhan saja yang naik. Mungkin kurang tahunya masyarakat adanya trayek baru itu," kata Dahlan, Rabu (27/5/2015).

Dahlan mengatakan rata-rata penumpang KM Sinabung dari Batam hanya sekitar 80 orang. Sementara kapasitas kapal ini menampung hingga 2.000 orang lebih. ‎

Namun pada pemberangkatan terakhir, KM Sinabung sudah mulai menunjukan peningkatan jumlah penumpang. Sebanyak 300 orang sudah mulai mengisi kursi yang tersedia tapi jumlah itu tentunya masih jauh dari harapan.

Kurangnya minat masyarakat, salah  kata Dahlan, satu faktornya masih memilih menggunakan jasa penerbangan yang memiliki tingkat efisiensi waktu lebih tinggi dibanding kapal. 

Padahal, tiket yang dipatok cukup murah yakni Rp 350 ribu per orang dan hal ini juga terlalu kecil dibandingkan dengan biaya operasional kapal.

"Untuk bulan ini, KM Sinabung belum bisa dipastikan kapan menyandar di Pelabuhan Beton," katanya.

Sesuai jadwal keberangkatan, KM Sinabung rencananya akan berangkat pada tanggal 11. Namun kapal mengalami‎ kerusakan turbo, sehingga akhirnya jadwal pemberangkatan belum bisa dipastikan

"Kapal masih di Tanjungpriok masih dalam perbaikan mesin turbonya," pungkasnya.

Editor: Dodo