Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kandas di Perairan Pulau Cempedak Bintan

Danlantamal Tanjungpinang Sebut ABK Kapal Pengangkut Sembako Seluruhnya Selamat
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 26-05-2015 | 10:10 WIB
2015-05-26 10.28.01.jpg Honda-Batam
KLM Aldian Kharisma yang kandas di perairan Pulau Cempedak, Kabupaten Bintan. (Foto: Dok.TNI AL)

‎BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 9 penumpang bersama ABK dan nahkoda kapal laut mesin (KLM) Aldian Kharisma (bukan Argan Karisma sebagaimana ditulis sebelumnya), yang kandas di perairan Pulau Cempedak, Kabupaten Bintan, dinyatakan selamat dan telah dievakuasi Kapal Patroli Pos TNI AL Kawal. 

Kepastian telah dievakuasinya penumpang dan ABK serta nakhoda KLM Aldian Kharisma dengan selamat disampaikan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Sulistiyanto, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (25/5/2015) sore.

"Satu orang ABK atas nama Suhardi, yang sebelumnya sakit parah karena asmanya kumat saat berlayar pada Senin pagi, telah dievakuasi menggunakan pompong dari kapal yang kandas untuk dibawa ke RSUD Tanjungpinang," jelas Sulistiyanto. 

Sesuai dengan laporan yang diperoleh dari Komandan Pos TNI AL di Kawal, lanjutnya, KLM ‎Aldian Kharisma yang dinahkodai Harianto, awalnya berangkat dari Tanjungpinang menuju Tarempa, dengan muatan sembako, sekitar pukul 13.00 WIB pada Minggu (24/5/2015). 

Sekitar 8 jam berlayar atau 15 mil dari timur Pulau Marapas, tiba-tiba salah seorang ABK kapal, Suhardi, menderita sakit karena asmanya kambuh, sehingga kapal kembali memutar haluan menuju Kijang untuk mengupayakan pertolongan pada Suhardi.

"Sayangnya, Senin (25/5/2015) tengah malam, saat menuju Kijang, kapal kandas di utara Pulau Cempedak. ABK yang sakit di kapal dijemput, pompong dan dibawa ke RSUD Tanjungpinang," kata dia. (Baca: Kapal Kayu Pengangkut Sembako Dijarah Warga Usai Karam di Perairan Mapur)

Informasi, tenggelam dan kandasnya kapal tersebut diketahui TNI AL melalui Posal Kijang, sekitar pukul 08.00 WIB pagi.

"Saat itu, anggota dengan menggunakan kapal patroli di Pos AL Kijang, langsung ke TKP, dan menemukan posisi kapal sudah miring dan barang sembako muatan kapal, sebagian ada yang diambil nelayan setempat," ujarnya. 

Sebagian muatan ada juga yang dapat diselamatkan dan dimuat ke KLM Berdikari kemudian dibawa ke Tanjungpinang. Sedangkan KLM Aldian Kharisma, saat ini dalam pengawasan Posal Kijang dan Kawal. 

Editor: Dodo