Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Niat Sidak Beras Sintetis, DPRD Batam Malah Nemu Formalin
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 26-05-2015 | 09:40 WIB
sidak-formalin.jpg Honda-Batam
Rekaveny saat mempertanyakan prooduk sabun cuci piring kepada pemilik gudang yang di dalamnya ditemukan formalin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak sekitar tujuh drum formalin ditemukan di sebuah gudang beras milik PT Anugerah yang berada di kawasan Pasar Cahaya Garden blok G no 19-21, Bengkong.

Formalin tersebut diketahui ketika Anggota Komisi II DPRD Batam melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan apakah ada beredar beras sintetis asal Tiongkok di Batam.

Sekretaris Komisi II DPRD Batam, Rekaveny yang memimpin sidak tersebut menjelaskan tidak menemukan beras sintetis di gudang tersebut, namun ada beberapa temuan lainnya yang perlu ditanyakan terlebih dahulu ke dinas terkait.

"Ternyata gudang itu tidak hanya gudang beras saja ada beberapa kebutuhan pokok. Ditemukan juga formalin yang kata pemiliknya sih untuk pembuatan sabun," kata Rekaveny, Senin (25/5/2015) sore.

Karena itu ia katakan akan berkoordinasi dengan Pemko Batam untuk menindaklanjutinya, pasalnya yang ia ketahui tidak semua orang bisa memperoleh formalin dengan mudah.

Sementara itu pemilik gudang, Wiri, menjelaskan bahwa pihaknya sudah mempunyai izin semuannya terkait isi gudangnya tersebut. Untuk beras PT Anugerah sedangkan untuk pembuatan sabun PT Jerboa.

Ia katakan mulai usahanya sudah dari setahun yang lalu seperti impor beras dari India dengan merk IKR, ada juga lada, sabun cuci piring dan lantai yang diproduksi sendiri dari bahan sodium.

"Formalin itu digunakan untuk bahan pengawet sabun," kata Wiri,

Ia juga menjelaskan mendapatkan formalin dan bahan lainnya untuk sabun tersebut semuanya dari Jakarta. Sebelumnya ia katakan belajar dari Malaysia dan sekolah home industry dan blending cara membuat sabun tersebut

Editor: Dodo