Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Wisman ke Kepri Ditargetkan Tembus 2,5 Juta Orang
Oleh : Roni Ginting
Senin | 25-05-2015 | 14:12 WIB
bintan triathlon 2015.JPG Honda-Batam
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, didampingi Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad, saat membuka Bintan Triathlon 2015. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Lagoi - Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepri mencapai 2,5 juta orang.

"Kepri ini punya potensi wisata yang sangat besar. Jika tahun lalu hanya dua juta wisatawan, kami targetkan tahun ini angka 2,5 juta kunjungan wisatawan bisa tercapai," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat membuka Bintan Triathlon di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Sabtu (23/5/2015) lalu.

Target 2,5 juta menurutnya sangat realistis. Dengan potensi alam yang indah, ditambah lagi dengan promosi yang gencar dilakukan baik dari kementeriaan dan Provinsi Kepri, hal tersebut dapat tercapai.

Beberapa terobosan juga dikembangkan oleh pemerintah pusat. Salah satunya adalah memberikan kemudahan bebas visa bagi 30 negara baru masuk ke pelabuhan-pelabuhan di Kepri.

"Ada 30 negara baru yang akan kita bebaskan visanya. Negara itu meliputi hampir seluruh Eropa dan Amerika," terang Arief.

Dengan kemudahan bebas visa sendiri, Arief optimis, wisatawan akan lebih senang berkunjung ke Indonesia dan Kepri pada khususnya karena tidak perlu mengeluarkan biaya lain. Untuk Kepri, beberapa pelabuhan sudah disiapkan untuk menyongsong kebijakan ini.

"Ada enam pelabuhan yang kita siapkan di Kepri ini. Untuk tempatnya, kami sebar di seluruh Kepri," jelas Arief.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri sangat antusias menambah jumlah kunjungan wisatawan. Beberapa perbaikan juga terus dikerjakan mulai dari infrastruktur dan kesiapan masyarakat. Dan yang paling penting adalah menumbuhkan jiwa sadar wisata bagi masyarakat itu sendiri.

"Maka dari itu, kami akan menggelar kampanye sadar wisata yang melibatkan masyarakat dan aparat keamanan," kata Soerya.

Rencananya, pada awal Agustus mendatang, Kepri akan menggelar even Soldier Light Run. Kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran wisata dimulai dari aparat keamanan. "Jadi, kalau keamanan terjaga, saya yakin wisatawan juga lebih senang berkunjung ke sini," terang Soerya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bintan, Ansar Ahmad, menyambut antusias daerahnya dijadikan pusat promosi wisatawan. "Kami senang program ini simultan dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten," kata Ansar. (*)

Editor: Roelan