Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alami Penurunan, BPIH Embarkasi Batam Ditetapkan USD 2.717
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-05-2015 | 11:57 WIB
zulkifli-aka.jpg Honda-Batam
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkifli Aka.

BATAMTODAY.COM, Batam - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui embarkasi Batam pada tahun 2015 ditetapkan sebesar USD 2.717 atau mengalami penurunan sebanyak USD 502 dibanding biaya pada tahun lalu.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkifli Aka mengatakan jika dikurskan ke rupiah, BPIH embarkasi Batam ditetapkan Rp 33.962.500 dengan nilai tukar USD 1 sama dengan Rp 12.500.

"Dari hasil rapat dengan Komisi VII DPP RI, memang sudah disepakati berapa besar BPIH," ujar Zulkifli, belum lama ini.

Ia menambahkan meski BPIH menurun, para jemaah calon haji tidak perlu khawatir karena tidak akan ada penurunan fasilitas. Bahkan ada upaya pemerintah agar rute penerbangan langsung dari Indonesia menuju Madinah, Arab Saudi. 

"Tapi sampai saat ini kita belum menerima Keputusan Presiden," ujarnya.

Berdasarkan keputusan Kemenag untuk menghemat biaya maka manasik haji hanya dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun. Sebelumnya manasik haji dilakukan hingga tujuh kali.

Selain itu untuk jamaan haji, kata Zulkifli  sama dengan tahun sebelumnya, Batam kembali menjadi pengirim jemaah calon haji terbanyak untuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Total untuk tahun ini ada sekitar 403 orang jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Insya Allah, jemaah calon haji akan diberangkatkan pada September 2015. Yang jelas saat ini kita tunggu dulu keputusan resmi dari Presiden Joko Widodo. Kalau Keppres sudah kita terima nanti akan segera kami umumkan lagi," pungkasnya.

Editor: Dodo