Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sani Dorong Pegiat Seni dan Masyarakat Berkreasi untuk Kebesaran Melayu
Oleh : Charles Sitompul/Rilis
Senin | 25-05-2015 | 10:57 WIB
sani_seni_linggga.jpg Honda-Batam
Gubernur Muhammad Sani menyerahkan tropi kepada tim tari Bintan yang berhasil menjadi juara dalam Parade Tari Daerah Kepri di Lingga.(Foto: Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Gubernur Kepri Muhammad Sani mengajar pegiat seni budaya untuk terus menumbuhkembangkan kreativitasnya dalam setiap memproduksi kegiatan-kegiatan senibudayanya. Tetapi, tentu dengan tetap memberi ruang yang lebih untuk konten kemelayuannya.

Hal ini dikatakan Sani saat membuka Parade Tari Daerah Kepulauan Riau yang diselenggarakan di halaman Gedung Nasional Dabo Singkep, Sabtu (23/5/2015) malam. Ada sepuluh peserta yang ikut dalam parade tari, yang pemenangnya nanti akan mewakili Kepri dalam Parade Tari Nasional di Jakarta.

Kesepuluh peserta itu adalah dari Batam dua tim, Bintan dua tim, Tanjungpinang dua tim, Lingga dua tim, Karimun dan Natuna satu tim. Sementara Kabupaten Anambas tidak mengirimkan tim tarinya. Dalam persembahan hingga tengan malam itu, Bintan mendapat hasil terbaik.

Dua tim yang mereka kirim menduduki persembahan terbaik satu dan dua. Batam 1 menduduki peringkat tiga. Peringkat empat dan lima diraih oleh Tim Karimun dan Tim Tanjungpinang 1. Bintan juga meraih hasil untuk penata tari terbaik. Sementara untuk penata busana terbaik diraih Batam.

Gubernur dalam kesempatan itu berterima kasih kepada daerah yang mengikutsertakan timnya dalam paradetari daerah ini. "Terima kasih peran aktifnya dalam setiap parade tari daerah," kata Sani.

Sani ingin, dalam setiap kesempatan, kehebatan kemelayuan terus dimunculkan dan diagungkan. Baik pada kegiatan seni, maupun kegiatan lainnya. "Kalau bukan kita yang membesarkan, siapa lagi," kata Sani.

Sani, yang menyaksikan persembahan seluruh tim hingga menyerahkan piala kepada pemenang, senang dengan kreasi yang ditambilkan para pegiat Seni. 

Tampak hadir dalam peletakan Bupati Lingga H Daria, Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim dan FKPD Lingga. Dari Kepri tampak hadir Ketua LAM Kepri h Abdul Razak, anggota DPRD Kepri Iskandarsyah, Asisten Ekonomi Pembangunan Samsul Bahrum, Kepala Dinas Perhubungan Muramis, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Raja Ariza, Kepala Dinas Kebudayaan Arifin Nasir, Kepala Biro Humas dan Protokol Heri Mokhrizal, Karo Pemerintahan Misni dan Karo Umum Misbardi. Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kepri Hj Aisyah Sani.

Editor: Dodo