Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sahmadin Sinaga Pimpin Partuha Maujana Simalungun
Oleh : Roni Ginting
Senin | 25-05-2015 | 09:15 WIB
maujana-simalungun.jpg Honda-Batam
Djasarmen Purba Menyerahkan pataka Partuha Maujana Simalungun kepada ketua baru, Sahmadin Sinaga. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sahmadin Sinaga terpilih sebagai ketua DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Batam periode 2015-2020 menggantikan ketua lama Djasarmen Purba. Sahmadin terpilih secara aklamasi dalam musyawarah daerah yang dilaksanakan di LPK Migasindo Academy, Ruko Tiban Raya No A1 No 7, Minggu (24/5/2015).

Organisasi yang berdiri di Batam pada tahun 2010 tersebut memiliki falsafah Habonaron do Bona (kebenaran pangkal segalanya) dengan moto Sapangambei Manoktok Hitei (seirama mencapai tujuan).

Sahmadin Sinaga, ketua terpilih dalam sambutannya berjanji akan membawa organisasi ini untuk lebih baik lagi. Dia juga meminta dukungan seluruh masyarakat Simalungun agar membawa organisasi ini untuk lebih meningkatkan sumber daya Simalungun sehingga lebih berdaya saing yang sehat dalam peran sosial, budaya, ekonomi dan politik.

"Kita juga berkomitmen untuk mempercepat pembangunan masyarakat Simalungun dengan peningkatan sumber daya manusia, salah satunya dengan program pelatihan kerja untuk meningkatkan skil nya," kata Sahmadin.

Sementara, Djasarmen Purba, mantan ketua umum PMS Kota Batam mengatakan dengan terpilihnya Sahmadin Sinaga menggambarkan masyarakat Simalungun memiliki pola kaderisasi yang baik.

"Harapan kita, kedepannya PMS Batam tidak hanya terpaku dalam pelestarian budaya saja namun dapat meningkatkan SDM nya," kata Djasarmen.

Anggota DPD RI ini melanjutkan, melalui organisasi PMS, peranan masyarakat simalungun di Batam dapat perhitungkan pemerintah.

"PMS Batam ini diharapkan dapat terlibat serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan serta menjaga kekondusifan kota Batam," tuturnya.

Selain itu, untuk lebih mendekatkan organisasi PMS ke seluruh masyarakat simalungun di Batam, PMS akan membentuk PAC di seluruh Kecamatan.

"Nantinya pengurus DPC terpilih dapat dilantik sekaligus dengan pengurus PAC (tingkat kecamatan) PMS pada bulan Oktober mendatang," ujar Djasarmen.

Editor: Dodo