Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ajak Warganya Pilih Balon Wali Kota, Camat Sagulung Bisa Dijerat UU Pilkada dan UU ASN
Oleh : Ahmad Romadi
Jum'at | 22-05-2015 | 08:29 WIB
warga_sagulung_antre_sembako_murah.jpg Honda-Batam
Warga yang antre saat mengambil paket sembako yang digelar Pemko Batam di kantor Kecamatan Sagulung, Rabu (20/5/2015) lalu. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam akan memanggil Camat Sagulung, Abidun Pasaribu, pada Jumat (22/5/2015) ini. Panggilan tersebut karena diduga Pak Camat memanfaatkan jabatannya untuk mengajak warga memilih dan mendukung bakal calon (balon) Wali Kota Batam, Rudi, pada acara bazar sembako murah di kecamatan tersebut.

Kepala Divisi Hukum Panwaslu Batam, Hariyanto, mengatakan, Panwaslu telah melayangkan surat panggilan kepada Camat Sagulung. "Tadi sudah kita berikan surat kepada yang bersangkutan. Besok  akan kita periksa dan dimintai keterangan, karena sudah jelas dalam peraturan PNS dilarang mempromosikan balon kepala daerah," kata Hariyanto di kantor Panwaslu Batam, Kamis (21/5/2015) sore.

Dia menyatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, Abidun terindikasi mengarahkan warganya untuk mendukung Rudi menjadi Wali Kota Batam pada pemilu kepala daerah (pilkada), Desember mendatang.

Dia menegaskan hal tersebut menyalahi aturan yang berlaku karena dalam Undang-undang (UU) Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada sangat jelas isinya bahwa PNS tidak diperbolehkan mengerahkan atau mengajak warga untuk mendukung salah satu balon kepala daerah. "Adapun sanksinya, terancam pidana dengan kurungan enam bulan serta denda sebesar Rp600 juta," terangnya.

Untuk membuktikan dugaan tersebut, Hariyanto juga akan menghadirkan minimal dua orang saksi yang berada di lokasi pengerahan dukungan tersebut. Kemudian hasil dari pemanggilan akan diserahkan kepada Wali Kota Batam sebagai bahan pertimbangan saat memberikan sanksi jika terbukti melakukan pelanggaran. "Kita juga akan jerat dengan Undang-Undang ASN," ujarnya.

Sebelumnya, Sementara Camat Sagulung, Abidun Pasaribu, pada saat pembagian sembako itu terang-terangan mengajak warga Sagulung untuk mendukung Rudi menjadi Wali Kota Batam. (Baca: Bagikan Sembako Murah, Rudi Minta Warga Sagulung Dukung Dirinya Jadi Wali Kota Batam).

"Tokoh-tokoh masyarakat Sagulung akan siap mendukung Pak Rudi di pilkada mendatang sebagai Wali Kota Batam. Masyarakat Sagulung harus siap mendukungnya juga," pesan Abidun. (*)

Editor: Roelan