Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

70 Koperasi dan UKM Ikuti Sosialisasi UU Perkoperasian
Oleh : Ardi/Widodo
Sabtu | 09-07-2011 | 11:18 WIB
Kabid_Fas.Pembiayaan_prov.kepri.jpg Honda-Batam

Ir Hanafi Kabid Fasilitasi Pembiayaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau saat Sosialisasi UU Perkoperasian di Dabo Singkep. kamis 7 Juli 2011 (foto: Juhari)

LINGGA, batamtoday – Sebanyak 70 koperasi, UKM dan Lembaga Keuangan Mikro di kabupaten Lingga mengikuti kegiatan sosialisasi Undang Undang Perkoperasian  dan Lembaga Keuangan Mikro yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau bertempat di Gedung Nasional Dabo kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Kepulauan Riau melalui Ir Hanafi, Kabid Fasilitasi Pembiayaan mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk memajukan kesejahteraan anggota koperasi dan UKM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya  serta ikut membangun tatanan perekonomian Nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju ,adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945.

Sedangkan optimalisasi pembinaan dan pengembangan koperasi melalui Advokasi dengan memperhatikan potensi, koordinasi dengan instansi Pembina tekhnis, meningkatkan pengawasan serta memberikan porsi pembinaan lebih besar kepada koperasi simpan pinjam.

Lanjutnya, fungsi dan peran koperasi adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan  ekonomi anggota  untuk kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup dalam memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko guru yang berdasarkan usaha bersama atas azas kekeluargaan dan Demokrasi Ekonomi.

Sementara itu, Syaharudin Kabid Koperasi Kabupaten Lingga mengatakan bahwa koperasi merupakan satu unit ekonomi yang mampu bertahan dalam keterpurukan ekonomi saat terjadi inflasi.

“Diharapkan para pelaku koperasi dan UKM yang ikut kegiatan ini dapat bermanfaat baik secara manegerial maupun dalam produktivitas menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasaran dan menarik minat konsumen, agar tetap eksis dan mampu mengembangkan usahanya,” tandas Syaharudin