Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Kota Batam Tegaskan Gelper Tutup Total Selama Ramadhan
Oleh : Ahmad Romadi
Rabu | 20-05-2015 | 19:03 WIB
ahmad_dahlan_-_bertopang_dagu.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Gelanggang permainan elektronik (gelper) yang marak di Kota Batam akan ditutup total selama bulan suci Ramadhan yang akan dimulai pada pertengahan Juni mendatang. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menghormati umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Menjelang bulan puasa semua gelper harus ditutup total," kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Rabu (20/5/2015).

Penutupan itu juga untuk meminimalisir keresahan masyarakat atas beroperasinya gelper yang sebagian di antaranya terindikasi ada praktik judi di dalamnya.

Tidak hanya gelper, Dahlan juga katakan akan kembali mengatur jadwal buka tempat hiburan malam selama Ramadhan. "Jika tak ada perubahan, jadwal buka tutup akan mengacu pada kebijakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni formasi 3-3-3 atau tutup selama sembilan hari," ujar Dahlan.

Dengan formasi itu, imbuh Dahlan, maka seluruh tempat hiburan malam wajib tutup total selama tiga hari pada awal ramadan.

Kemudian tiga hari pada pertengahan Ramadhan yaitu tanggal 16, 17 dan 18 Ramadhan atau malam Nuzulul Quran, dan tiga hari pada akhir bulan, yaitu 30 Ramadhan, 1 dan 2 Syawal (Idul Fitri).

Kemudian di luar hari-hari tersebut seluruh tempat hiburan malam hanya diizinkan beroperasi pukul 21.00 hingga 02.00 WIB. (*)

Editor: Roelan