Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Kepala Keluarga Sudah Pindah

Lahan Belum Dieksekusi, Personel TNI AL Dilaporkan Pantau Situasi Kampung Jawa
Oleh : Habibi
Senin | 18-05-2015 | 18:35 WIB
kampung jawa gg kapaya i.jpg Honda-Batam
Pantauan situasi di Kampung Jawa Gang Kapaya I menjelang eksekusi lahan oleh TNI AL pada Senin (18/5/2015). (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Situasi di Kampung Jawa, Kelurahan Tanjungpinang Barat, terutama di Gang Kapaya I, hingga Senin (18/5/2015) sore, masih kondusif. Meski pihak TNI AL telah memberi batas waktu hingga 14 Mei kemarin, namun tindakan penggusuran belum dilakukan.

Kendati demikian, warga yang ditemui mengaku masih was-was. Beberapa anggota TNI AL telah datang ke lokasi tersebut untuk memantau.

"Tadi pagi mereka memantau, tapi belum ada eksekusi. Ya was-was saja," ujar salah satu warga di kawasan tersebut kepada BATAMTODAY.COM, Senin sore.

Warga mengaku, sejak ditentukannya hari eksekusi yaitu pada tanggal 14 Mei hingga Minggu (17/5/2015), memang tidak ada pergerakan yang dilakukan oleh pihak TNI AL. "Baru hari ini terlihat mereka memantau. Takutnya besok langsung eksekusi," ujar warga yang enggan namanya dituliskan tersebut.

Sementara itu pantauan di lokasi, suasana Gang Kapaya I masih kondusif, namun tampak lengang. Dari 43 kartu keluarga (KK) yang bermukim di situ, perlahan mulai menghilang dan hanya tinggal 25 -30 KK saja.

Koordinator warga, Budi, belum dapat dihubungi. Saat didatangi ke rumahnya, Budi pun sedang tidak berada di tempat. "Suami saya sedang keluar," ujar istrinya.

Seperti diberitakan, Kampung Jawa di Gang Kapaya I pada Minggu (10/5/2015) malam sempat riuh. Pihak TNI AL sebagai pemilik sebagian lahan di Kampung Jawa, memberi batas waktu kepada warga yang masih tinggal di situ hingga 14 Mei 2015. (Baca: Warga Kampung Jawa Cemas, TNI AL Beri Batas Waktu Tinggal Hingga 14 Mei).

"Tanggal 14 (Mei) kami harus pindah dari sini. Itu kata orang TNI AL. Bingung mau ke mana. Padahal kami sudah puluhan tahun tinggal di sini," ujar salah satu warga Kampung Jawa, Minggu (10/5/2015) malam.

Sementara, eksekusi lahan di Kampung Jawa, Kelurahan Tanjungpinang Barat, oleh TNI AL hingga Kamis (14/5/2015) siang belum dilaksanakan. Sampai pukul 14.43 WIB, kondisi di Gang Kapaya I, Kampung Jawa, masih lengang dan kondusif. Belum ada tanda-tanda bakal ada keributan di situ.
(Baca: Hingga Siang, TNI AL Belum Eksekusi Lahan di Kampung Jawa).

Malah, dari pantauan di lokasi, belum ada pihak TNI AL yang mendatangi warga untuk mengeksekusi lahan tersebut. Warga juga mengaku belum tahu kapan pihak TNI AL akan turun. Namun mereka mengatakan tetap bersiap siaga untuk menghadapi TNI AL. (*)

Editor: Roelan