Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Kapal Ikan Asing dari Anambas Ditenggelamkan di Natuna 20 Mei
Oleh : Nursali
Senin | 18-05-2015 | 13:47 WIB
Kapal_Nelayan_Asing_saat_ditangkap_KRI_Sutedi_Senoputra-378.JPG Honda-Batam
Kapal ikan asing yang diamankan KRI Sutedi Senoputra-378. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Tiga kapal ikan asing yang diamankan TNI AL karena mencuri ikan di perairan utara Indonesia, telah dikirim dari Lanal Tarempa ke Pelabuhan Sabang Mawang, Ranai, Kabupaten Natuna. Rencananya, ketiga kapal asing itu akan ditenggelamkan di sana pada 20 Mei 2015.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Tomi Erizal, melalui Perwira Seksi Penerangan Lanal Tarempa, Kapten Laut Muhidin, mengatakan, tiga kapal tersebut telah diberlayar ke Kabupaten Natuna sejak Sabtu (16/5/2015) sekitar pukul 11.00 WIB dan dikawal KAL Baruk (Kapal Patroli Lanal Tarempa) dan KRI Sutedi Senoputra-378. Ketiga kapal ikan asing yang akan ditenggelamkan itu  di antaranya KNF 7424, PSF 1812, serta KM Cahaya Laut.

"Tiga Kapal itu juga telah sampai di pelabuhan Sabang Mawang, Ranai. Jam enam pagi semalam sampai," kata Muhidin kepada BATAMTODAY.COM, di Tarempa, Senin (18/5/2015).

Selain tiga kapal ikan asing tersebut, ada sembilan kapal lainnya yang turut ditenggelamkan juga dari Lanal Natuna. Sementara untuk anak buah kapal (ABK) masing-masing dari kapal tersebut pun masih menjalani proses hukum.

"Penenggelaman kapal ini juga nggak hanya dilakukan di Natuna, namun di Pontianak juga akan dilakukan penenggelaman pada hari yang sama. Jumlah kapal yang di Pontianak saya belum tahu pasti," jelasnya. (*)

Editor: Roelan