Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ponsel Dilarang, Hasil Ujian Siswa di Inggris Lebih Baik
Oleh : Redaksi
Senin | 18-05-2015 | 08:29 WIB
ilustrasi_ponsel_di_sekolah.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - SEJUMLAH daerah di Indonesia sudah mengeluarkan peraturan daerah tentang larangan membawa dan menggunakan ponsel di sekolah. Sementara sebuah penelitian di Inggris memaparkan, larangan menggunakan ponsel di sekolah berdampak pada 'bertambahnya' satu minggu dalam sebuah tahun ajaran.

Penelitian yang diterbitkan oleh London School of Economics meninjau beberapa sekolah di empat kota Inggris dan menemukan nilai ujian meningkat lebih dari 6 persen di sekolah-sekolah yang telah melarang penggunaan ponsel. Siswa berprestasi rendah dan siswa dari kelompok sosial ekonomi rendah paling menunjukkan peningkatan prestasi, ujar para peneliti.

Lebih dari 90 persen remaja Inggris memiliki ponsel.

Louis-Philippe Beland dan Richard Murphy mengatakan meskipun teknologi ponsel memiliki beberapa keunggulan, namun ponsel juga bisa menganggu, mengurangi produktivitas, dan merusak proses belajar.

"Kami menemukan bahwa tidak hanya prestasi siswa meningkat, tetapi juga siswa berprestrasi rendah dan siswa dari kelompok sosial ekonomi rendah paling mendapatkan manfaat dari larangan tersebut," tulis laporan penelitian.

"Kami menemukan bahwa dampak dari larangan ponsel bagi siswa ini setara dengan penambahan satu jam dalam satu minggu di sekolah, atau menambah tahun ajaran sebanyak lima hari."

Laporan ini meneliti nilai tes dari sekolah menengah di Birmingham, Leicester, London, dan Manchester sebelum dan setelah larangan ponsel diperkenalkan. (*)

Sumber: BBC