Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil UN SLTA di Batam Anjlok, Tapi Itulah Hasil Sebenarnya
Oleh : Ahmad Romadi
Jum'at | 15-05-2015 | 15:14 WIB
riky indrakari - mengo.jpg Honda-Batam
Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riky Indrakari. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riky Indrakari, menyebut, hasil ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK di Batam tahun ini diketahui tidak memuaskan. Namun menurutnya, hasil UN inilah yang dinilai sebagai hasil obyektif dibanding UN tahun-tahun sebelumnya.

Riky mengatakan, dengan hasil UN tidak menjadi penentu kelulusan dan hanya intregitas sekolah, ini menunjukan hasil penilaian sekolah yang sebenarnya.

"Ini perlu kita pahami, inilah intregitas sekolah. Kita tidak bisa menyalahkan siswa," kata Riky tanpa menyebut persentase kelulusan dan nilai hasil UN SLTA di Batam, Jumat (15/5/2016).

Dia mencotohkan di SMA Negeri 7 Batam, yang selama ini ia ketahui dengan kondisi bangunan yang banyak rusak dan gurunya juga jarang masuk, namun nilai UN selama ini cukup bagus. Namun setelah dilepas maka akan kelihatan nilai yang sebenarnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu sebagai evaluasi Dinas Pendidikan apa yang menjadi penyebab masalah ini. "Masih banyak sekolah yang gurunya hanya ngajar sebentar kemudian anak-anak dihadapkan dengan LKS. Inilah yang harus dievaluasi oleh Disdik," ujarnya. (*)

Editor: Roelan