Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditolak Praktik Coas, Mahasiwa Fakultas Kedokteran Uniba Protes Kampus
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 12-05-2015 | 16:10 WIB
demo-kedokteran-uniba.jpg Honda-Batam
Masiswa Fakultas Kedokteran Uniba saat menggelar aksi protes di kampus mereka.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Batam (Uniba) menggelar aksi di halaman gedung fakultasnya, Selasa (12/5/2015). Aksi ini merupakan kelanjutan dari aksi yang mereka lakukan sebelumnya pada pekan lalu.

"Dari aksi kemarin, kami sudah sampai tahap diplomasi. Tapi kami sudah terlanjur kecewa," kata seorang alumni FK Uniba yang menolak menyebutkan namanya.

Disampaikannya, pihak rektorat dan dekanat telah menemui mereka. Namun tetap tidak ada jalan temu karena pihak yayasan tidak hadir. Namun, aksi hari ini usai ketika perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ibrahim memediasi antara mahasiswa dengan pihak kampus.

"Ya kami tidak bisa berbuat banyak, kami cuma bisa menaruh pesan bahwa ini anak kita semua kita semua dokter yang duduk disana kalau baik mari kita jalankan," kata Ibrahim, usai bertemu dengan rektorat Uniba.

Meskipun belum ada kejelasan para mahasiswa akhirnya membubarkan diri karena akan diadakan pertemuan kembali secara internal dengan pihak yayasan.

Pihak pengamanan dari kepolisian juga sudah kembali diarahkan ke kantor polisi.

Sebelumnya pada Kamis (7/5/2015)  sekitar 500-an mahasiswa Uniba Fakultas kedokteran menggelar aksi yang sama, buntut dari kekecewaan mahasiswa terhadap pihak Yayasan.

Mahasiswa menilai pihak yayasan lalai dan tidak peduli terhadap kualitas pendidikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Uniba.

Puncak kekecewaan mahasiswa kedokteran Uniba yakni saat 34 mahasiswa kedokteran Uniba yang tengah menjalani coas sebagai syarat kelulusan di RSUD Embung Fatimah Batuaji, ‘diusir’ dan tidak diperkenankan melanjutkan coas di rumah sakit plat merah itu.

Surat dari Direktur RSUD Embung Fatimah, Fadhillah Malarangan mengungkap, bahwa kewajiban Uniba untuk membayar institutional fee ke RSUD Embung Fatimah tidak lagi dilaksanakan di tahun kedua  coas mahasiswa angkatan 2010 itu.

Editor: Dodo