Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambil Buka STQ Kepri, Sani Serap Asprasi Warga Natuna
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 12-05-2015 | 09:38 WIB
sani_dialog_natuna.jpg Honda-Batam
Gubernur Muhammad Sani didampingi Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak saat berdialog dengan warga di Natuna.

BATAMTODAY.COM, Natuna - Bersempena dengan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat Provinsi Kepri ke VI di Natuna, Gubernur Muhammad Sani, memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menyerap aspirasi masyarakat di Natuna, Senin (11/5/2015). 

Sani melakukan dialog dengan sejumlah warga untuk mendengar keluhan dan keinginan dalam pelaksanaan pembangunan di Natuna. Pelaksanaan dialog dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Bunguran Barat.

Sani mengatakan pembangunan tidak pernah berhenti dan akan terus dilaksanakan, dan Pemerintah membutuhkan aspirasi, kritik dan saran dari masyarakat. Sejumlah masukan dan aspirasi masyarakat Natuna, khususnya dalam hal pemenuhan pelayanan dasar kelistrikan, dan sarana lainnya disampaikan dalam kesempatan tersebut. 

Terkait masalah listrik, Sani mengatakan baginya hal ini merupakan beban moral pada masyarakat kendati telah dilakukan sejumlah upaya, namun hingga saat ini belum sepenuhnya dapat terealisasi. Atas dasar itu, Sani menyampaikan akan terus melakukan segala upaya dalam memenuhi pelayanan dasar listrik di Kepri. 

"Terus terang kami katakan, persoalan kelistrikan di Kepri ini, menjadi beban moral bagi saya, sejumlah upaya sudah lakukan, namun memang belum membuahkan hasil sebagaimana yang kita kehendaki hal ini disebabkan, akutnya permasalahan listrik di Indonesia, hingga berdampak pada daerah," jelasnya. 

Kedepan, ‎dengan adanya jatah gas pada daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku, akan menjadi modal bagi Pemerintah Daerah dalam bekerja sama dengan PLN dan anak perusahaannya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di setiap pulau. "Dengan rencana ini, kita berharap merangkai Kepri dengan kelistrikan," ujarnya. 

‎Selain itu, Sani juga mengatakan komitmennya dalam pembangunan bidang kelautan dan perikanan. Hal itu disejalankan dengan program dan rencana pembangunan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang akan mengembangkan sentra perikanan di Kabupaten Natuna. 

"Hal ini merupakan modal dasar kita, dan saat ini Pemprov sedang menginventarisir lokasi strategis untuk proyek pembangunan sentara perikanan di daerah ini, dan saya berharap nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,"  kata dia.

Selain melakukan dialog, dalam kesempatan itu, Sani didampingi sejumlah Kepala SKPD Provinsi Kepri, juga memberikan bantuan berupa dana pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa/lurah dan kecamatan tahun 2014, serta sejumlah bantuan di bidang pertanian, olahraga dan kesehatan. 

"Untuk pelaksanaan pertanian, kami juga berharap ada sentra pertanian dengan perencanaan matang yang dibuat di Kabupaten Natuna ini dengan program dan perencanaan itu dapat dilaporkan permodalannya diajukan ke Pemerintah Provinsi Kepri," pungkasnya. 

Editor: Dodo