Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jambore Kader Posyandu se-Karimun Digelar
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 11-05-2015 | 18:49 WIB
jambore posyandu karimun.jpg Honda-Batam
Penyerahan piala bergilir dari Camat Karimun, Ramli, kepada Bupati Karimun, Nurdin Basirun, yang selanjutnya diberikan ke Dinkes Karimun. Selain itu, juga dilakukan pelepasan burung dara dan balon ke udara sebagai simbol dibukanya acara tersebut. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Jambore kader posyandu se-Kabupaten Karimun VII secara resmi dibuka. Kegiatan perkumpulan yang berlangsung selama tiga hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, motivasi serta kinerja kader posyandu.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun, dalam sambutannya mengatakan, keberadaan posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak telah dikenal sejak lama oleh masyarakat. Namun, penanganan 1.000 hari pertama atau periode emas pertumbuhan anak, sejak dalam kandungan merupakan tanggung jawab bersama. Sebab periode ini membutuhkan jenis pelayanan spesifik, terkait kebutuhan tubuhnya.

"Dampingan ibu yang baru melahirkan sangatlah penting. Salah satunya adalah memberikan ASI kepada bayinya minimal sampai umur 6 bulan. Sebab, hak balita, selain mendapatkan pemenuhan zat gizi, juga pantauan pertumbuhan dan perkembangan fisiknya," ujar Nurdin, Senin (11/5/2015) di Panggung Rakyat Putri Kemuningn Coastal Area.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Sensissiana, menjelaskan, jambore yang dilaksanakan ini merupakan bentuk penghargaan karir kepada kader posyandu dalam mewujudkan kemandirian di bidang kesehatan.

Dikatakan, masa balita merupakan masa yang paling penting dan perlu untuk mendapatkan perhatian dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Terutama pada masa 1.000 hari pertama yang dikenal dengan periode emas.

"Dalam upaya meningkatkan efektivitas dan optimalisasi periode emas, perlu dilakukan koordinasi termasuk dukungan teknis, kemitraan dan partisipasi masyarakat," terangnya.

Salah satu optimalisasi periode tersebut katanya lagi yakni dengan melakukan kegiatan di posyandu. Sebab, posyandu merupakan tempat pemeliharaan kesehatan bagi ibu hamil, menyusui, mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ditambahkan, kader posyandu merupakan penggerak utama kelancaran jalannya kegiatan. Untuk itu kader perlu mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang benar, dalam melakukan pelayanan.

"Jambore seperti ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanannya ke masyarakat luas," ujarnya mengakhiri.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kegiatan perkumpulan itu mengangkat tema "Kita Sukseskan Jambore Kader Posyandu Untuk Mewujdukan Balita Sehat Melalui Optimailisasi Periode Emas". Bahkan kegiatan itu sendiri dihadiri sejumlah FKPD, SKPD, Tim PKK, tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat.

Jambore itu, juga diikuti 120 orang peserta, yang merupakan kader posyandu beserta pedamping se-Kabupaten Karimun. Sedangkan jenis lomba yang digelar di antaranya atraksi kontingen, asimulasi penyuluhan kesehatan, lima meja, bakat dan seni, cerdas cermat,kebersihan dan keterampilan.

Pada pembukaan jambore kader posyandu ini, juga dilaksanakan penyerahan piala bergilir dari Camat Karimun, Ramli, kepada Bupati Karimun, yang selanjutnya diberikan ke Dinkes Karimun. Selain itu, juga dilakukan pelepasan burung dara dan balon ke udara sebagai simbol dibukanya acara tersebut. (*)

Editor: Roelan