Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah Ricuh, Polda Kepri Kembali Perkuat Pengamanan di ConocoPhillips
Oleh : Hadli
Jum'at | 08-05-2015 | 14:44 WIB
akbp_hartono_baru.jpg Honda-Batam
Ajun Komisaris Besar Polisi Hartono, Kabid Humas Polda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepulauan Riau menambah kekuatan pengamanan perusahaan migas ConocoPhillips di Matak Base, Kabupaten Kepulauan Anambas, pasca-bentrok antara buruh, masyarakat dengan aparat kepolisian saat Matak Airport ConocoPhillips diduduki. 

"Polda Kepri menggeser ke Anambas 1 kompi 2 pleton (160 orang) dari Brimob Polda Kepri," kata Ajun Komisaris Besar Polisi Hartono, Kabid Humas Polda Kepri kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (8/5/2015). 

Penambahan personel Brimob Polda Kepri back up jajaran Polres Natuna di Matak setelah aksi bentrok dengan buruh dan masyarakat yang berhasil menduduki dan memblokir pesawat carter yang disewa ConocoPhillips yang menyebabkan tiga orang masyarakat serta satu orang anggota Polres Natuna mengalami luka. 

"Ya, kemarin (Kamis (7/5/2015) 2 pleton, tadi malam 1 kompi," katanya.

Aktivitas ConocoPhillips di Matak Base, Kabupaten Kepulauan Anambas dikabarkan telah normal walaupun masih ada buruh yang tidak masuk kerja. Buruh dan masyarakat meminta ke 17 karyawan yang di PHK (sepihak) dipekerjakan kembali.

Dan dikabarkan saat ini, sejumlah tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan perwakilan dari perusahaan ConocoPhillips mengadakan pertemuan tertutup. Namun belum diketahui hal apa saja yang akan dibahas.

"Polri melakukan langkah - langkah preemtif dan preventif, mendorong agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat melakukan langkah yang lebih kondusif," tutur Hartono. 

Editor: Dodo