Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda Pamak Bangun BLK Pertama di Karimun
Oleh : Alrion/Dodo
Kamis | 07-07-2011 | 17:11 WIB
blk.JPG Honda-Batam

Bupati Karimun, Nurdin Basirun bersama perwakilan pengurus Balai Latihan Kerja Mitra Mandiri, Karimun mencoba alat las listrik.

KARIMUN, batamtoday - Jenuh menunggu Pemerintah Kabupaten Karimun yang tak kunjung membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Karimun, pemuda Kelurahan Pamak akhirnya membangun BLK yang pertama di Karimun dengan menggunakan sumber pembiayaan dari dana Community Development (CD) tahun 2010.

Irwansyah, pimpinan BLK Mitra Mandiri Karimun kepada batamtoday, di sela sela peresmian BLK yang dilakukan Bupati Karimun, Nurdin Basirun pada Kamis, 7 Juli 2011 mengatakan pembangunan BLK ini merupakan hasil kesepakatan para tokoh masyarakat dan pemuda Kelurahan Pamak dan Kecamatan Tebing.

"Kita melihat sampai saat ini BLK belum ada di Karimun, sementara pencari kerja dari tahun ke tahun terus meningkat ditambah dengan keterampilan mereka untuk bekerja di perusahaan yang ada saat ini, juga tidak ada. Sehingga, menyikapi hal tersebut maka dari dana CD Kelurahan Pamak kita bangun BLK," kata Irwansyah.

Irwansyah mengharapkan keberadaan BLK yang pertama di Karimun ini dapat menyiapkan tempat atau lapangan praktek tenaga kerja yang ingin belajar maupun penyediaan tenaga pelajar ahli untuk melatih tenaga kerja serta memfasilitasi pengambilan sertifikat untuk persiapan pengajuan permohonan kerja.

Selain itu, Irwansyah juga menyebutkan BLK ini dapat menjadi wadah penyalur bagi tenaga kerja yang sudah siap pakai, menjalin hubungan kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan perusahaan yang ada di Karimun.

"BLK ini juga terbuka untuk semua masyarakat Karimun yang ingin belajar di sini. Kita berharap ada perhatian Pemerintah Kabupaten untuk membantu peralatan, saat ini yang ada baru pelatihan las listrik dengan lima tenaga pengajar. Untuk membuat desain terali besi untuk pintu dan jendela kita sudah mampu," ujarnya dengan bangga.

Lantaran masih banyaknya peralatan penunjang BLK yang belum lengkap, Irwansyah mengharapkan agar Pemerintah Karimun sudi memberikan bantuan perlengkapan bagi BLK rintisan para pemuda ini.

"Terus terang, masih banyak peralatan BLK yang belum lengkap, sekali lagi kita harapkan perhatian dari Pak Bupati, kita sudah menyiapkan gedungnya meskipun tidak berukuran besar, tetapi dari pada tidak ada sama sekali, lebih bagus kan," tambah Irwansyah.

Sementara itu, Nurdin Basirun memuji inisiatif pemuda Pamak yang mempunyai pemikiran jauh ke depan.

"Saya yakin BLK ini kelak sudah dapat menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai," kata Nurdin.