Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Oleh : Redaksi
Jum'at | 08-05-2015 | 11:43 WIB
ketombe.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Ketombe merupakan masalah rambut yang sangat mengganggu. Ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala berminyak yang mengalami iritasi, kulit kepala kering, produk perawatan rambut yang tidak cocok, jamur pada kulit kepala, pertumbuhan bakteri, hingga stres. Ketombe dapat Anda kontrol dengan merawat rambut secara berkala hingga membuat rambut sehat. Nah, berikut ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe:

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat membantu Anda menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Pasalnya, minyak kelapa mempunyai sifat anti jamur. Selain itu, minyak kelapa dapat melembapkan kulit kepala yang kering dan menghindari kulit kepala dari rasa gatal.
Caranya : Campurkan sedikit minyak kelapa dengan perasan lemon. Setelah itu gosokkan pada kulit kepala dan pijat selama beberapa menit. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas. Lakukan hal ini dua sampai tiga kali dalam seminggu. 

2. Cuka apel
Perawatan kulit kepala dengan cuka apel sangat efektif dalam menghilangkan ketombe. Selain itu, cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan pH pada kulit kepala, sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur.
Caranya :Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan air serta 15-20 tetes tea tree oil. Setelah dicampurkan, oleskan pada kulit kepala dan pijat. Bilas rambut setelah beberapa menit dan lakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. 

3. Baking soda
Baking soda dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih pada kulit kepala. Selain itu, baking soda pun dapat menurunkan kadar pH serta menjaga keseimbangan yang akan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. 
Caranya: Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas dengan air hangat setelah beberapa menit. Lakukan dua kali dalam seminggu selama beberapa minggu. Namun, Anda tidak disarankan untuk keramas dahulu setelah melakukan perawatan ini. 

4. Cuka 
Cuka adalah salah satu perawatan terbaik bagi rambut yang berketombe. Pasalnya,cuka memiliki asam asetat yang dapat mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala serta dapat mengurangi gatal. 
Caranya: Campurkan satu setengah cangkir cuka dengan 2 cangkir air. Bilas rambut Anda dengan campuran air tersebut setelah keramas. 

5. Minyak zaitun
Kulit kepala yang kering dapat disembuhkan dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin. Minyak zaitun dapat melembapkan kulit kepala secara efektif. 
Caraya: Panaskan sedikit minyak zaitun extra virgin , setelah hangat pijat kulit kepala dengan minyak zaitun. Kemudian bungkus rambut dengan handuk hangat  dan biarkan selama 45 menit atau semalaman, lalu bilas. 

6. Lemon
Lemon mengandung asam amino yang dapat melawan jamur sebagai penyebab utama ketombe. Jus lemon pun dapat mengurangi gatal pada kulit kepala. 
Caranya: Campurkan jus lemon dengan yogurt plain. Oleskan pada rambut dan kulit kepala. Setelah itu biarkan hingga 20 menit lalu bilas. Anda bisa mengulangi hal ini beberapa kali dalam seminggu. 

Selamat mencoba.

Sumber: meetdoctor.com