Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinggal 1 Hari Lagi, Pendaftar PPK di KPU Batam Capai 90 Orang
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 07-05-2015 | 16:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kota Batam tinggal satu hari lagi. Namun pendaftar yang masuk mencapai 90 orang. 

Ketua KPU Batam, Agus Setiawan mengatakan, pendafaran PPK secara resmi ditutup pada Jumat (8/5/2015). Dimana diketahui untuk pendaftar yang masuk mencapai 90 orang. Sementara yang dibutuhkan hanya 60 orang untuk 12 kecamatan di Batam 

"Pendaftar cukup banyak, ada 90 orang yang telah mengambil formulir. Yang akan diterima hanya 60 orang," ujar Agus kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (7/5/2015)

Agus menjelaskan, mengingat ini adalah penjaringan, maka berkas yang telah masuk akan dilakukan verifikasi selanjutnya Sabtu (9/5/2015) akan diumumkan yang lolos seleksi administrasi kelengkapan dan persyaratan.  

Selanjutnya KPU Batam, melakukan tes tertulis kepada para calon yang telah lulus. "Lokasi tes tertulis, masih dibicarakan apakah dilakukan di KPU atau di tempat yang lain," ujarnya.

Setelah melewati dua kali tes, pendaftar yang lolos masih harus melewati satu seleksi lanjutan yaitu seleksi wawancara. "Untuk hasil akhir baru akan diumumkan pada 13-14 Mei. Untuk rekrutmen PPS (Panitia Pemungutan Suara) baru akan dilakukan setelah PPK beres," kata dia.

Namun demikian, dalam rekrutmen PPK seluruh masyarakat kota Batam harus berperan, dalam memberikan tanggapan mengenai para calon yang telah terpilih pada 12-13 Mei. 

"Kita juga akan melakukan rekam jejek  yang bersangkutan. Karena berdasarkan surat edaran dari KPU RI, mereka yang pernah menjabat PPK sebanyak dua kali baik pada pilkada dan pemilian sejenis sudah tidak bias kemali mencalonkan diri," pungkasnya.

Editor: Dodo