Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat PSK Asal Vietnam Diamankan Imigrasi Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 07-05-2015 | 13:36 WIB
psk-vietnam.jpg Honda-Batam
Empat perempuan asal Vietnam yang diamankan Imigrasi Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Empat wanita asal Vietnam yang diduga dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial (PSK) diamankan petugas Imigrasi Batam, Jumat (2/5/2015) lalu, di Swiss Bel Hotel, kawasan Harbour Bay.

Kabid Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam, Rafli, mengatakan, keempat wanita ini diamankan setelah dipancing keluar melalui salah seorang mucikari dan dibawa ke Swiss Bell Hotel.

"Petugas kita berpura-pura menjadi pelanggan dan membooking mereka. Begitu datang, langsung kita amankan dan dibawa ke Kantor Imigrasi unuk diperiksa," kata Rafli, Rabu (6/5/2015) kemarin.

Dari identitas paspor yang dimiliki keempat wanita tersebut, mereka masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, dan kemudian dibawa ke Batam untuk dipekerjakan sebagai wanita malam.

"Dari paspor mereka, ada yang baru pertama kali datang ke Indonesia dan ada yang sudah beberapa kali," tambahnya.

Selain itu, keempat wanita itu akan diproses dan dikembangkan untuk mencari jaringannya. "Mereka dianggap sebagai korban penjualan manusia. Nanti setelah selesai kita proses, akan dideportasi ke negara asal. Kita mengakui kendala dalam pemeriksaan, mereka tidak bisa berbahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia," pungkas Rafli.

Editor: Dodo