Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Sampai Setengah Hari, Kios Liar di Batam Center Rata
Oleh : Ahmad Rohmadi/Hadli
Kamis | 07-05-2015 | 12:49 WIB
gusur-kios-batara21.jpg Honda-Batam
Salah seorang pemilik kios di Cikitsu Batam Center yang dirobohkan mencoba mencari puing-puing bangunan yang masih bisa dimanfaatkan kembali.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak sampai setengah hari pembongkaran kios liar oleh tim terpadu di depan Perumahan Batara Raya Batam Center selesai dilakukan. Hujan lebat pun mengakhiri semua aktivitas tim terpadu, Kamis (7/5/2015).

Lebatnya hujan yang turun tak ayal banjir menghiasi simpang tiga yang biasa dikenal oleh warga dengan simpang Cikitsu tersebut. Sejumlah kendaraan yang melintas terlihat sangat hati-hati karena genangan air hujan cukup tinggi.

"Biasanya sih tak banjir, karena gorong-gorong itu ketutup bongkahan penggusuran jadi airnya ke jalan," kata Parma, salah seorang warga yang tinggal di Perumahan Batara Raya.

Setelah tim terpadu kembali ke markasnya masing-masing dan hujan juga sebagian pemilik kios terlihat mendatangi kios miliknya dan menyelamatkan puing-puing yang masih bisa digunakan.

Kepala Bidang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum (Trantib) Satpol PP Batam, Syafrul Bahri, mengatakan sebelum dilaksanakan eksekusi pembongkaran kios tersebut pihaknya mengatakan sudah mensosialisasikan beberapa kali kepada pemilik kios.

Karena itu, hari ini pihaknya tida bisa memberikan tenggang waktu lagi kepada pemilik kios, meskipun ia akui ada beberapa pemilik yang meminta waktu lagi.

"Tidak bisa lagi, karena sudah kita peringatkan sebelumnya," kata Syafrul.

Pembongkaran yang dilakukan menurutnya juga atas permintaan warga Perumahan Batara Raya yang disampaikan saat musrenbang. Sehingga, apapun yang terjadi pihaknya tetap menjalankan pembongkaran meskipun ada beberapa kendala.

Pantauan di lokasi, lalu lintas kendaraan yang sempat dialihkan saat melintas di Simpang Cikitsu saat ini sudah kembali normal.

Editor: Dodo