Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangunan di Depan Sekolah Restu Bunda Batam Center Akhirnya Dibongkar
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-05-2015 | 11:43 WIB
gusur-kios-restu1.jpg Honda-Batam
Alat berat merobohkan bangunan yang baru 50 persen berdiri di depan Sekolah Restu Bunda, Batam Center.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hasil negoisasi antara tim terpadu dengan pihak sekolah berakhir dengan keputusan tetap dibongkarnya gedung sekolah yang baru 50 persen pekerjaannya tersebut.

Jeritan dan tangis siswa pun pecah saat kendaraan alat berat merangkak masuk dan meratakan gedung yang rencananya akan dibuat sebagai sarana dan prasarana olahraga tersebut.

Komandan Pleton Patroli Ditpam BP Batam, Khoirul Rosyadi, menjelaskan tetap dibongkarnya gedung tersebut karena dalam isi yang dikeluarkan BP Batam sudah sangat jelas.

"Dalam isi surat tersebut sudah sangat jelas bahwa izin yang dikeluarkan bersifat sementara, sedangkan yang kedua jika sewaktu BP Batam atau Pemko Batam ingin menggunakan lahan tersebut maka bersedia untuk dibongkar," kata Khoirul usai negoisasi, Kamis (7/5/2015).

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Novrianda juga mengatakan bahwa memang bangunan sekitar 10 x 8 meter tersebut tidak memiliki izin pembangunan.

Dan menurutnya tidak bisa dikeluarkan karena memang berada diatas row jalan. "Dalam isi surat yang dikeluarkan BP Batam kan juga sudah jelas," kata Novrianda.

Pemilik yayasan Jalius MD, mengatakan akan menggugat ke pengadilan atas pembongkaran gedung tersebut. Meskipun ia akui tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) karena ini menyangkut pendidikan anak-anak.

"Kalau sudah mau dipakai jalan atau gorong-gorong saya mau digusur, tapi ini kan belum mau digunakan," kata Jalius.

Dalam hitungan menit gedung dan cucian mobil tersebut pun sudah rata dengan tanah.

Editor: Dodo