Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Toko Super Elektronik Terbakar
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 05-05-2015 | 18:16 WIB
terbakar.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Toko Super Elektronik, yang terletak Jalan Ir Sutami Tanjungpinang, dilalap si jago merah sekitar pukul 15.15 Wib, Selasa (5/5/2015). Api melalap lantai tiga ruku, yang sekaligus jadi tempat tinggal pemilik toko, Talif Muharam.


Empat mobil pemadam kebakaran milik Pemko Tanjungpinang yang diturunkan guna melakukan pemadaman, berhasil menjinakkan si jago merah dalam waktu tak sampai satu jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, mengatakan, informasi awal adanya kebakaran diperoleh dari salah satu anggota DPRD Kota Tanjungpinang. Setelah mendapat laporan tersebut, katanya, dua mobil pemadam langsung diterjunkan ke lokasi. Namun, karena kebakaran berada di lantai tiga shingga dua mobil pemadam kembali diturunkan.

"Karena kebakaranya di lantai tiga, sehingga kita menurunkan 4 unit mobil untuk memaksimalkan pemadaman ruko yang terbakar," ujar Agus Nawarman.

‎Dari pengakuan pemilik ruko, lanjut Agus, lantai tiga bangunan ruko yang terbakar merupakan merupakan tempat tinggal mereka. "Diduga disebabkan adanya konsleting listrik, dari kabel kipas angin yang terbakar hingga menyambar kasur tempat tidur serta sejumlah barang lainya," ujarnya.

Beruntung, tim pemadam bergerak cepat dan langsung mengguyur air ke lantai tiga ruko yang terbakar, sehingga api tidak merembes dan menjalar ke bagian lantai bawah yang merupakan toko elektronik. Saat kejadian, pemilik toko sedang berada di bawah dan tidak mengetahui adanya kebakaran di lantai tiga.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi mengenai kerugian pemilik belum menginventarisir. Dan untuk penanganan selanjutnya, kami serahkan pada pihak kepolisian," pungkas Agus.

Kapolsek Bukit Bestari, Kompol Zulkarnaen, mengatakan pihaknya baru melakukan pendataan dan belum memintai keterangan dari pemilik toko.

''Belum dimintai keterangan dari pemilik toko. Nanti Tim Identifikasi Polres Tanjungpinang yang akan melakukan penyelidikan terhadap kebakaran yang terjadi di toko elektronik tersebut,'' ucap Zulkarnaen.

Editor: Dodo