Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calo Tiket di Bandara Hang Nadim Makin Marak
Oleh : Hadli
Selasa | 05-05-2015 | 16:55 WIB
Bandara-Hang-Nadim-Batam.jpg Honda-Batam
Bandara Hang Nadim, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Surat edaran yang dikeluarkan Menteri Perhubungan yang melarang pihak maskapai menjual tiket di kawasan bandara dengan tujuan untuk menghapus praktel percaloan untuk kenyamanan dan keamanan calon penumpang, ternyata tidak berlaku di Bandara Hang Nadim. Pasalnya, calo tiket makin marak di bandara tersebut.  

Pantauan di lokasi, para calo tersebut mangkal di samping konter Lion Air dekat pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam. Mereka tidak segan-segan untuk menawarkan tiket kepada penumpang yang harganya jauh lebih mahal dari harga normal. 

"Setiap hari tiket didapat dari staf maskapai (Lion Air), ada dalam bentuk print dan ada cuma kode penerbangan aja, melalui SMS. Jadi kalau ada punumpang yang membeli tiket, staf maskapai bilangnya sudah habis, pas calon penumpang melangkah mundur, langsung dihampiri calo itu. Mau tak mau pasti dibeli karena tidak bisa dapat tiket lain," kata salah seorang petugas di bandara, Selasa (5/5/2015). 

Salah seorang calo tiket di Bandara Internasional Hang Nadim menuturkan, jika tiket yang dibeli darinya, calon penumpang tidak perlu menggunakan nama asli. Bahkan calon penumpang tersebut sudah dijamin berangkat. 

"Tunggu aja di sini, nanti saya antar ke atas (ruang tunggu). Tak perlu pakai nama asli lah, nama orang lain juga tidak masalah. Aman tuh sama kita," kata dia kepada calon penumpang yang telah membeli tiket saat menunggu di depan konter Lion Air.

Distrik Manager Lion Air Batam, M Zaini Bire yang dikonfirmasi belum bersedia menanggapi, terkait adanya oknum staf yang bekerja sama dengan calo maupun masih menjual tiket penerbangan. 

Editor: Dodo